STRATEGI PERANCANGAN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI


Tri Utami , 4401411110 (2016) STRATEGI PERANCANGAN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PERANCANGAN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI]
Preview
PDF (STRATEGI PERANCANGAN HIPOTESIS DALAM PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI) - Published Version
Download (737kB) | Preview

Abstract

Pembuatan hipotesis adalah tahap penting dan sulit dalam pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perancangan hipotesis dalam pembelajaran discovery learning materi ruang lingkup biologi, kesulitan yang dihadapi dan faktor penyebabnya. Jenis penilitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pati pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah guru biologi SMA Negeri 1 Pati sedangkan sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling adalah guru biologi kelas X SMA Negeri 1 Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perancangan hipotesis dalam pembelajaran discovery learning materi ruang lingkup biologi adalah strategi partisipatif yang melibatkan pesrta didik dalam pembelajaran. Kesulitan yang dialami guru dalam menerapkan strateginya adalah pengarahan lisan menyebabkan beberapa informasi penting terlewat, konsentrasi siswa terpecah, dan beberapa siswa kurang memperhatikan pengarahan guru. Faktor penyebab kesulitan adalah kesiapan siswa belajar mandiri, tingkat kecerdasan, pemahaman konsep, keaktifan dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : strategi, perancangan hipotesis, discovery learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Dec 2017 14:15
Last Modified: 29 Dec 2017 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28773

Actions (login required)

View Item View Item