KEEFEKTIFAN MODEL PBL DAN NHT VARIASI PENDEKATAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO
Merdhenita Restuti , 1401412444 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DAN NHT VARIASI PENDEKATAN RME TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS DIPONEGORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (667kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan lebih dominan menggunakan ceramah dalam menyampaikan materi ketika pembelajaran matematika berlangsung sehingga cenderung mentransfer pengetahuan dari guru kepada siswa tanpa mengaitkan materi pembelajaran dengan skema yang telah dimiliki siswa. Hal ini menyebabkan siswa sering lupa terhadap materi pelajaran dan membuat siswa kurang berpartisipasi aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model PBL dan NHT variasi pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro pada materi pecahan KD 6.3 Menjumlahkan Pecahan dan 6.4 Mengurangkan Pecahan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen murni dengan bentuk posttest only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran dan hasil belajar matematika. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan model PBL variasi pendekatan RME, NHT variasi pendekatan RME, dan model STAD variasi pendekatan RME pada kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dari ୦୧୲୳୬ ൌ ͷǡͳ ୲ୟୠୣ୪ ൌ ͵ǡͳͺ; dan (2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model PBL variasi pendekatan RME lebih efektif dibandingkan model NHT variasi pendekatan RME, dan model STAD variasi pendekatan RME pada kelas kontrol, hal ini ditunjukkan ୦୧୲୳୬ ൌ ͷǡͳ ୲ୟୠୣ୪ ൌ ͵ǡͳͺ. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro antara yang model PBL dengan pendekatan RME dengan model NHT variasi pendekatan RME, dan model STAD variasi pendekatan RME pada kelas kontrol.; dan (2) model PBL variasi pendekatan RME lebih efektif dibandingkan model NHT variasi pendekatan RME dan model STAD variasi pendekatan RME pada kelas kontrol terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Gugus Diponegoro.`
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, matematika, NHT, PBL, RME |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:23 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28770 |
Actions (login required)
View Item |