KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS MAWARDI SD NEGERI KECAMATAN KALIWUNGU


Indri Kartikawati , 1401412441 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS V GUGUS MAWARDI SD NEGERI KECAMATAN KALIWUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412441.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (706kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi ke SDN Gugus Mawardi Kecamatan Kaliwungu menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa kurang memahami ketika diberikan soal tentang pemecahan dan data yang diperoleh menunjukkan sebanyak 35% siswa mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Mawardi yang menggunakan model pembelajaran RME lebih efektif dibandingkan dengan model PBL dan Discovery Learning sebagai kelas kontrol?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model pembelajaran RME dan PBL terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus Mawardi Kecamatan Kaliwungu. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus Mawardi Kecamatan Kaliwungu tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 361 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih siswa kelas V pada SDN 2 Kutoharjo (kelas eksperimen 1), SDN 4 krajankulon (kelas eksperimen 2) dan SDN 3 Krajankulon (kelas kontrol). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain Posttest Only Control Design. Variabel dalam penelitian adalah model pembelajaran dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, studi dokumenter dan tes. Data dianalisis menggunakan uji analisis data awal dan uji analisis data akhir. Hasil uji kesamaan dua rata-rata satu pihak kanan (1) t (6,855) > t(1- α) (1,67) menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model RME lebih tinggi dibandingkan model DL (2) t (4,234) > t(1- α) (1,67) menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model PBL lebih tinggi dibandingkan model DL (3) ݐ′ (1,88) > ݓͳݐͳ൅ݓʹʹ ݓͳ൅ݓʹ (1,68) menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika menggunakan model RME lebih tinggi dibandingkan model PBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RME lebih efektif dibandingkan model PBL dan Discovery Learning sebagai kelas kontrol. Saran dari peneliti adalah permasalahan realistik yang diajukan kepada siswa hendaknya dapat dibayangkan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci, keefektifan, PBL, RME
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:23
Last Modified: 10 May 2019 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28769

Actions (login required)

View Item View Item