KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG


Dwi Aresti, 1401412440 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SRIKANDI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412440.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (573kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian pendahuluan melalui data hasil tes awal siswa diperoleh bahwa guru kelas V SD memiliki permasalahan terhadap hasil belajar matematika yang memiliki rerata rendahdisebabkan beberapa faktor antara lain (1)Siswa seringkali merasa kesulitan memahami materi matematika; (2)Guru belum menggunakan model yang bervariasi dalam mengajar; (3)Siswa kurang mengkonstruksi sendiri pengetahuan barunya sehingga siswa sering lupa terhadap materi yang diajarkan; (4)Siswa sudah berkelompok dengan teman satu bangku, namun belum diminta untuk mengkomunikasikan di depan kelas; (6)Apabila berkelompok sering mengandalkan teman yang lebih pintar; (7)Selain itu dalam pembelajaran juga belum dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari hanya terfokus pada buku ajar.Proses pembelajaran yang menarik dapat di ciptakan oleh guru melalui model pembelajaran yang sesuai bagi siswa. Beberapa model pembelajaran efektif yang dapat diterapkan antara lain Problem Based Learning dan Problem Solving Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PBL dan Problem Solving terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Srikandi Kota Semarang yang berjumlah 198 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster RandomSampling dan terpilih dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi dan tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji kesamaan rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan ANAVA diperoleh ܨ௛௜௧௨௡௚ ൌ �͵ǡͶ͵͹ͺͻ� danܨ௧௔௕௘௟= 3,19; ܨ௛௜௧௨௡௚ ൐ ܨ௧௔௕௘௟,H0 ditolak, maka terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada ketiga kelas denganmodel PBL, model Problem Solving dan model RMEsebagai kelas kotrol. Selain itu, model PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan model Problem Solving dan model RME sebagai kelas kontrol.Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pada ketiga kelasdengan menggunakan model PBL, model Problem Solving dan model RME sebagai kelas kontrol. Pembelajaran dengan model PBL lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran dengan model ProblemSolving dan model RME sebagai kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, PBL, Problem Solving, Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:23
Last Modified: 10 May 2019 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28767

Actions (login required)

View Item View Item