HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Fiqih Wahyu Diana , 1301412005 (2016) HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena di SMP N 3 Umgaran yang menunjukan bahwa terdapat siswa kelas VIII yang mempunyai permasalahan tentang penyesuaian sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pelaksanaan layanan informasi, gambaran penyesuaian sosial siswa dan hubungan antara pelaksanaan layanan informasi dengan penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingN sosial dan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah penyesuaian sosial Populasi penelitian sebanyak 320 siswa kelas VIII. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling, sampel diambil berdasakan nomogram Harry King denagn taraf kesalahan 5% dan didapatkan persentase sampel sebesar 35% dari jumlah siswa dengan besar sampel (n=126). Pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan angket tertutup. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment, untuk menguji tingkat reliabilitas digunakan dengan rumus Alfa Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata pelaksanaan layanan informasi termasuk dalam kategori baik dimana diperoleh hasil persentase sebesar 78,8% dan untuk penyesuaian sosial juga termasuk dalam kategori tingga yakni diperoleh persentase sebesar 78,4 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan sosial termasuk baik, dan penyesuaian sosial masuk kategori tinggi. Hasil perhitungam korelasi sebesar 0,432 termasuk dalam kategori sedang/cukup. hasil perhitungan tersebut menunjukan adanya korelasi yang positif antara pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan sosial dengan penyesuian sosial siswa. Jadi semakin baik pelaksanaan layanan informasi maka semakin tinggi juga penyesuaian sosial siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian sosial, layanan informasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item