HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU BK DENGAN MINAT MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/2017


Wulan Kurniati , 1301412002 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU BK DENGAN MINAT MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (335kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang sangat tertarik untuk mengikuti layanan konseling individu, namun tidak jarang juga ada siswa yang kurang berminat memanfaatkan layanan konseling perorangan yang diselenggarakan oleh guru BK disekolah. Berdasarkan hasil survey awal melalui wawancara terhadap guru BK dibeberapa SMA Negeri di Kabupaten Sragen pada tahun ajaran 2015/2016 didapatkan hasil bahwa presentase siswa yang melaksanakan konseling individu rata-rata hanya 6% dari jumlah siswa yang ada di tiap-tiap sekolah, masih ada guru BK yang belum sepenuhnya melaksanakan tugas pokok guru BK yang tercantum dalam SK Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara N. 84/1993 . Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prastiti dkk (2013) menunjukkan faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti layanan konseling individu yakni faktor internal siswa yakni persepsi. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni (1) Bagaimanakah gambaran persepsi siswa tentang kinerja guru BK; (2) Bagaimanakah gambaran minat siswa mengikuti layanan konseling individu; (3) Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja guru BK dengan minat mengikuti layanan konseling individu. Tujuan dari penelitian yakni (1) untuk mengetahui gambaran persepsi siswa tentang kinerja guru BK; (2) untuk mengetahui gambaran minat siswa mengikuti layanan konseling individu; (3) untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kinerja guru BK dengan minat mengikuti layanan konseling individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode survey. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan populasi 282 siswa diambil sampel sebanyak 166 respoden. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala persepsi dan skala minat dengan teknik analisis data diskriptif presentase dengan uji korelasi menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa tentang kinerja guru BK berada dalam kategori positif dan minat siswa mengikuti layanan konseling individu masuk kedalam kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment diperoleh r hitung sebesar 0,415 jika N= 166 dengan taraf kesalahan 0,5% r tabel 0,148 maka r hitung > r tabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kinerja guru BK dengan minat mengikuti layanan konseling individu. Ini berarti semakin positif persepsi siswa tentang kinerja guru maka akan semakin tinggi minat siswa untuk mengikuti layanan konseling individu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru BK; Konseling Individu; Minat; Persepsi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28765

Actions (login required)

View Item View Item