PENERAPAN VIROMAGZ BERBANTUAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI SMA


Erbi Bagus Prabowo , 4401411107 (2016) PENERAPAN VIROMAGZ BERBANTUAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN VIROMAGZ BERBANTUAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI SMA]
Preview
PDF (PENERAPAN VIROMAGZ BERBANTUAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI SMA) - Published Version
Download (873kB) | Preview

Abstract

Penerapan majalah dalam pembelajaran biologi dapat digunakan sebagai alat untuk memahami sekaligus memberikan kesenangan dalam belajar. Namun penggunaan majalah dalam pembelajaran biologi masih terdapat kekurangan yaitu belum pernah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan majalah terhadap hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan mengembangkan dan menerapkan Viromagz berbantuan guided note taking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Viromagz berbantuan guided note taking terhadap hasil belajar siswa pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan menggunakan Posttest-Only Control Design dengan 2 kelas sampel yaitu kelas X.I (kelas eksperimen) dan kelas X.3 (kelas kontrol). Hasil belajar ranah pengetahuan siswa diperoleh melalui Posttest, LKS, dan LDS. Hasil belajar ranah sikap dan keterampilan diperoleh melalui lembar observasi. Data penerapan Viromagz berbantuan guided note taking pada proses pembelajaran diperoleh melalui wawancara dengan guru biologi kelas X. Analisis hasil belajar ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan menggunakan SPSS 16. Hasil belajar ranah pengetahuan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,001 dengan ketuntasan klasikal kelas eksperimen 96,96% dan kelas kontrol 75,75%. Hasil belajar ranah keterampilan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,014 dengan rata-rata akhir kelas eksperimen 85% dan kelas kontrol 80%. Hasil belajar ranah sikap diperoleh nilai signifikan sebesar 0,006 dengan rata-rata akhir kelas eksperimen 83% dan kelas kontrol 79,2%. Hal ini menunjukan penerapan Viromagz berbantuan guided note taking berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi virus di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Guided Note Taking, Hasil Belajar Siswa, Viromagz
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:30
Last Modified: 29 Dec 2017 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28764

Actions (login required)

View Item View Item