PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Relegia Puspita , 1301412032 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (566kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas fenomena di lapangan ketika peneliti melakukan studi pendahuluan pada waktu PPL di SMA Negeri 3 Semarang, yang menunjukan bahwa tingkat prokrastinasi akademik tergolong tinggi. Dengan adanya prokrastinasi akademik yang tinggi, guru BK di SMA Negeri 3 Semarang tidak tinggal diam. Guru Bk berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan konseling salah satunya layanan penguasaan konten yang dilaksanakan lebih banyak dari pada layanan lainnya melihat permasalahan belajar siswa. Dengan hal itu maka penelitian ini bertujuan untuk memprediksi adanya pengaruh positif antara persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten terhadap prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Semarang berjumlah 1008 siswa dan sampelnya berjumlah 204 siswa menggunakan sampling purposive berdasarkan tujuan-tujuan tertentu. Variabel yang diteliti yaitu variabel bebas (x) yaitu persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten dan variabel terikat (y) yaitu prokrastinasi akademik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis dan angket kuisioner. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya angka R atau nilai korelasi persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 0,641. Hal ini menjawab hipotesis yang ada. Berarti terdapat pengaruh yang positif dan berkategori kuat antara persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten terhadap tingkat prokrastinasi yang terjadi di SMA Negeri 3 Semarang. Nilai signifikasi atau prediksi naik turunnya variabel terikat apabila dipengaruhi oleh variabel bebas terlihat pada nilai nilai R2 (adjusted R Square) sebesar 0,430 (43%). Hal itu berarti bahwa perubahan tingkat prokrastinasi akademik dipengaruhi salah satunya yaitu persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten yang ada di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang persepsi siswa tentang layanan penguasaan konten terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan penguasaan konten , persepsi, prokrastinasi akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28763

Actions (login required)

View Item View Item