KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS IX D DI SMP NEGERI 1 WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Mufidatul Khasanah , 1301412031 (2016) KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS IX D DI SMP NEGERI 1 WONOSALAM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412031.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas fenomena yang diperoleh dari siswa kelas IXD SMP Negeri 1 wonosalam Demak. Fakta dan data tersebut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wonosalam Demak menunjukkan permasalahan yang mengarah pada kecenderungan perilaku menyontek sehingga perlu dicari solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior countracts untuk mengurangi kecenderungan perilaku menyontek siswa kelas IXD di SMP Negeri 1 Wonosalam Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan pre – eksperemental design dengan bentuk pre eksperiment one group pretest-posttest design. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXD SMA Negeri 1 Wonosalam Demak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampel bertujuan) dan pre experiment one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 siswa yang memiliki kecenderungan perilaku menyontek yang tinggi dan sangat tinggi. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecenderungan perilaku menyontek dengan jumlah item 65 yang sebelumnya telah diuji coba sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data yaitu deskriptif presentase dan uji hipotesis dengan uji wilcoxon. Kesimpulan konseling kelompok pada 7 konseli yang mempunyai kecenderungan perilaku menyontek dapat diatasi melalui konseling kelompok dengan teknik behavior contract. Terbukti adanya perubahan perilaku berupa penurunan dalam menyontek. Kecenderungan perilaku menyontek siswa dalam kategori tinggi yaitu (72,75%) kemudian setelah memperoleh layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract berada pada kategori rendah (54,95%). Dari uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai (z = -2,371, p<0,05). Dari penelitian ini maka saran dalam penelitian ini yaitu Guru BK hendaknya memberikan layanan konseling kelompok dengan teknik behavior contract dalam rangka mengurangi kecenderungan perilaku menyontek siswa. Guru BK hendaknya memantau perilaku kecenderuan menyontek siswa selama sekolah lebih ditingkatkan lagi. Dengan demikian layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku efektif untuk mengurangi kecenderungan perilaku menyontek siswa kelas IXD SMP Negeri 1 Wonosalam Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan Perilku Menyontek , Behavior Countract
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28762

Actions (login required)

View Item View Item