KONTRIBUSI PERILAKU ASERTIF DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SMP NEGERI SEKECAMATAN PEKALONGAN UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017


Nurul Amani , 1301412024 (2016) KONTRIBUSI PERILAKU ASERTIF DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SMP NEGERI SEKECAMATAN PEKALONGAN UTARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (258kB) | Preview

Abstract

Nilai kemandirian sangat penting ditumbuhkan di dalam diri siswa karena akan menunjang perkembangan potensi optimal yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan fenomena di salah satu SMP Negeri di kecamatan Pekalongan Utara yaitu SMP Negeri 3 Pekalongan yang menunjukkan bahwa siswa kelas VIII menyatakan bahwa beberapa siswa kurang percaya diri, siswa belum bisa mengambil keputusan sendiri, kurang berani untuk berbicara di depan teman, sulit menyampaikan ide/ gagasan kepada teman. Dapat dikatakan bahwa kemandirian pada siswa masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui: (1) bagaimana tingkat kemandirian, perilaku asertif dan kepercayaan diri (2) berapa besar kontribusi perilaku asertif terhadap kemandirian, (3) berapa besar kontribusi kepercayaan diri terhadap kemandirian, (4) berapa besar kontribusi perilaku asertif dan kepercayaan diri terhadap kemandirian. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi penelitian seluruh siswa SMP Negeri se- Kecamatan Pekalongan Utara. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate startified random sampling, sampel diambil 10% dari jumlah siswa dengan besar sampel (n=232). Pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Validitias diuji dengan rumus product moment, dan reliabilitas diuji dengan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif prosentase regresi ganda. Hasil penelitian diketahui kemandirian siswa diketahui memiliki kategori tinggi dengan rata-rata persentase adalah 72,2%. Perilaku asertif siswa diketahui memiliki kategori tinggi dengan rata-rata persentase adalah 75,7%. Kepercayaan diri siswa diketahui memiliki kategori tinggi dengan rata-rata persentase adalah 73,5%. Hasil penelitian diketahui besarnya kontribusi perilaku asertif dalam mempengaruhi kemandirian siswa sebesar 11,2%, besarnya kontribusi kepercayaan diri dalam mempengaruhi kemandirian siswa sebesar 12,9%, besarnya kontribusi perilaku asertif dan kepercayaan diri secara bersama dalam mempengaruhi kemandirian siswa sebesar 17,3%. Simpulan perilaku asertif dan kepercayaan diri mempunyai kontribusi yang sifnifikan terhadap kemandirian siswa SMP Negeri se Kecamatan Pekalongan Utara yaitu sebesar 17,3 %. Oleh karena itu disarankan guru bimbingan dan konseling untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa terkait dengan kemandirian, perilaku asertif dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku asertif, kepercayaan diri, kemandirian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28761

Actions (login required)

View Item View Item