PERBANDINGAN PROFIL PRIBADI CALON KONSELOR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Syafrina Maula Tsaniah , 1301412016 (2016) PERBANDINGAN PROFIL PRIBADI CALON KONSELOR MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (795kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena di jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang yang menunjukkan bahwa mahasiswa menampilkan pribadi yang belum sesuai sebagai seorang calon konselor. Sebagai mahasiswa Bimbingan dan Konseling sudah semestinya memiliki pribadi yang ideal sebagai seorang calon konselor, dimana hal mendasar dalam melakukan tugas sebagai seorang konselor ialah kita mampu menjadi pribadi guna mendukung keberhasilan pelayanan Bimbingan dan Konseling di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil pribadi calon konselor mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif inferensial. Populasi dalam penelitian ini mencakup mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang angkatan 2013, 2014, dan 2015. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala pribadi calon konselor dan pedoman wawancara. Analisis penelitian ini menggunakan deskriptif persentase, uji anava satu jalan, serta uji t-test. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa pribadi calon konselor yang dimiliki mahasiswa adalah 73,77% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil uji anava menunjukkan bahwa antara angkatan 2013, 2014, dan 2015 memiliki perbedaan namun tidak signifikan (p = 0.635, p > 0.05), begitu pula hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang tidak signifikan (p = 0.275, p > 0.05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil pribadi calon konselor yang dimiliki oleh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang adalah baik, dengan perbedaan yang tidak signifikan antar angkatan, baik yang laki-laki maupun perempuan. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dapat memberikan ijin kepada jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang untuk melakukan seleksi calon mahasiswa Bimbingan dan Konseling secara khusus mengingat pentingnya pribadi yang dimiliki calon konselor dapat mempengaruhi keberhasilan pelayanan Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profil, Pribadi, Pribadi Calon Konselor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28759

Actions (login required)

View Item View Item