KONTRIBUSI KUALITAS PRIBADI GURU BK TERHADAP KEPUASAN LAYANAN KONSELING DI SMP N 5 UNGARAN


Dian Fatmawati , 1301412010 (2016) KONTRIBUSI KUALITAS PRIBADI GURU BK TERHADAP KEPUASAN LAYANAN KONSELING DI SMP N 5 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (473kB) | Preview

Abstract

Layanan konseling merupakan suatu proses pemberian bantuan yang dilakukan untuk membantu individu dalam pengoptimalan dirinya. Kunci utama keberhasilan layanan konseling tidak hanya dilihat dari pelaksanaannya, namun banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya dapat dilihat dari bagaimana kualitas pribadi guru BK. Kualitas pribadi guru BK merupakan faktor yang sangat penting dan faktor penentu bagi keberhasilan pelayanan konseling. Banyak siswa yang belum dapat memanfaatkan layanan konseling di sekolah dengan alasan kurang menyukai pribadi guru BK yang terkesan galak, sering menghukum siswa. Sehingga siswa di sekolah merasa tidak puas akan layanan konseling yang diberikan oleh guru BK. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui kualitas pribadi, kepuasan layanan konseling, serta kontribusi kualitas pribadi tersebut terhadap kepuasan layanan konseling. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII dan IX di SMP N 5 Ungaran. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel 180 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis. Analisis data dengan teknik analisis regresi sederhana dan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pribadi guru BK di sekolah ditunjukkan dalam kategori baik. Pribadi guru BK dapat dipercaya presentase sebesar 80,6%, hangat 76,6%, pendengar yang aktif 68,6%, sabar 75,1%, penerimaan secara positif 74,8%, berkomunikasi dengan baik 76,6%, dan terbuka 77,8%. Layanan konseling yang ada di sekolah tergolong dalam kategori yang baik presentase sebesar 77,1%. Dengan demikian siswa mampu memanfaatkan layanan konseling dengan baik dan akan memanfaatkan kembali untuk membantu menyelesaikan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pribadi guru BK di sekolah tergolong dalam kategori baik, siswa merasakan puas terhadap layanan konseling, serta kualitas pribadi berkontribusi cukup besar terhadap kepuasan layanan konseling. Saran yang dapat diberikan agar guru BK dapat melatih dirinya menjadi pribadi yang baik dalam mendengarkan orang lain melalui keikutsertaannya dalam rapat, dalam seminar, workshop yang dilaksanakan oleh MGBK. Pihak MGBK agar mengadakan seminar, workshop untuk mendukung hal tersebut, serta kepala sekolah memfasilitasi guru BK untuk mengikuti kegiatan yang menunjang pengembangan pribadinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontribusi, kualitas pribadi guru BK, kepuasan layanan konseling
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28758

Actions (login required)

View Item View Item