EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENGURANGI SIKAP POSITIF TERHADAP BULLYING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG


Zaimmatun Nafi’ah , 1301412001 (2016) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIS UNTUK MENGURANGI SIKAP POSITIF TERHADAP BULLYING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PEKUNDEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (316kB) | Preview

Abstract

Faktor yang menyebabkan siswa melakukan bullying adalah karena kurangnya pemahaman (informasi) dalam diri anak terkait dengan bahaya bullying, serta perkembangan teknologi yang memberikan contoh kekerasan. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas layanan informasi mengurangi sikap positif terhadap bullying. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen berupa one group pre-test and post-test. Teknik sampling adalah Sampling Purposive, yaitu siswa sekolah dasar yang memiliki kecenderungan bullying. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis, metode analisis adalah deskriptif prosentase dan uji wilcoxon. Hasil penelitian ini terdapat penurunan sebesar 12,5%. Sikap positif terhadap bullying sebelum diberikan perlakuan dalam kategori tinggi yaitu dengan prosentase 60%, sedangkan setelah mendapatkan perlakuan, dalam kategori rendah yaitu dengan prosentase 72,5%. Hasil perhitungan uji wilcoxon Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 maka <0,05 dengan ini dapat disimpulkan layanan informasi dengan teknik modeling simbolis efektif untuk mengurangi sikap positif terhadap bullying. Di harapkan guru kelas dapat memberikan pencegahan bullying misalkan dengan menyisipkan ke dalam materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi; Sikap bullying; Teknik Modeling Simbolis.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:59
Last Modified: 29 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28756

Actions (login required)

View Item View Item