EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS


Arinta Priliana Purwita , 4401411101 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS) - Published Version
Download (819kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA masih cenderung teoritik dan mengesampingkan praktik, sehingga aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran relatif rendah, siswa pasif, keterampilan proses sains siswa kurang optimal. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen mengarahkan siswa untuk lebih meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Pre-test Post-test One Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP H. Isriati Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dan VIII B. Data yang diambil berupa nilai keterampilan proses sains, hasil belajar, serta tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan metode eksperimen efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat penggunaan keterampilan proses sains oleh masing-masing siswa mencapai kriteria baik, pada setiap aspeknya mencapai kriteria baik, dan N-Gain mencapai kriteria sedang hingga tinggi. Pembelajaran dengan metode eksperimen juga mampu membawa siswa kepada tingkat belajar tuntas. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif siswa sudah melebihi batas tuntas minimal dan N-Gain hasil belajar aspek kognitif siswa mencapai kriteria sedang. Siswa secara umum memberikan tanggapan positif bahwa pembelajaran melalui metode eksperimen menarik, lebih mudah dalam memahami dan mengingat materi pelajaran, serta dalam pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih bersemangat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Aspek Kognitif, Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:20
Last Modified: 29 Dec 2017 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28755

Actions (login required)

View Item View Item