KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KESAMBI KUDUS


Septiana Farikhatun , 1401412438 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KESAMBI KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412438.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Kesambi Kudus. Pada dasarnya guru kelas sudah berusaha menciptakan pembelajaran agar siswa aktif, yaitu dengan metode ceramah dan diskusi. Namun, pembelajaran matematika masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya. Agar pembelajaran matematika dapat diterima siswa dengan efektif maka diperlukan suatu model yang tepat dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut dapat dirumuskan permasalaha sebagai berikut: (1) apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kesambi dengan model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol?, (2) apakah rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SDN Kesambi dengan model TAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol?, (3) apakah rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SDN Kesambi dengan model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan model TAI?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan model NHT dibandingkan kelas kontrol, (2) mengetahui rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan model TAI dibandingkan dengan kelas kontrol, (3) mengetahui rata-rata hasil belajar siswa kelas IV dengan model NHT dibandingkan dengan model TAI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah true experimental design dengan bentuk post-test only control design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Kesambi dengan jumlah 98 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling untuk menentukan tiga kelompok sampel. Teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, dokumentasi, dan tes. Analisis hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) ratarata hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajar dengan model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, (2) rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajar dengan model TAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, (3) rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas IV yang diajar dengan model NHT lebih tinggi dibandingkan dengan model TAI. Simpulan dari penelitian ini adalah model NHT paling efektif dibandingkan dengan model TAI dan kelas kontrol pada pembelajaran matematika siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberi saran yaitu guru dalam menyampaikan pembelajaran matematika di kelas IV dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, NHT, TAI.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:22
Last Modified: 10 May 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28754

Actions (login required)

View Item View Item