PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Siti Nurbaiti , 4401411095 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (209kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Secang didominasi dengan ceramah, diskusi, dan presentasi. Meskipun guru telah mengaktifkan siswa dengan adanya diskusi kelompok dan presentasi, namun masih terlihat aktivitas dan motivasi belajar siswa rendah. Selain itu siswa kurang aktif mencari sumber informasi lain yang dapat memperkaya pengetahuannya. Siswa hanya mengandalkan informasi materi yang diberikan guru saja atau dari buku yang dipinjamkan sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dan melatih kemampuan siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber adalah model Project Based Learning (PjBL). Model pembelajaran PjBL ini melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dan dapat membuat proses belajar menjadi lebih bermakna, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model PjBL materi sistem ekskresi manusia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Secang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel terdiri dari kelas IXB (kelas eksperimen) dan IXC (kelas kontrol), yang ditentukan secara convinience sampling. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa, data keterlaksanaan pembelajaran model PjBL, data tanggapan siswa dan data tanggapan guru terhadap pembelajaran model PjBL. Berdasarkan hasil uji t, nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (78,71) dibandingkan kelas kontrol (68,28), dengan ketuntasan klasikal mencapai 81% (ketuntasan klasikal kelas kontrol 31%). Hasil uji N-gain peningkatan pemahaman siswa terhadap materi setelah kegiatan pembelajaran pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Jumlah siswa yang mencapai kriteria tinggi, sedang, dan rendah pada kelas eksperimen berturut-turut adalah 32%, 68%, dan 0%, sedangkan pada kelas kontrol 12,5%, 75%, dan 12,5%. Secara keseluruhan siswa dan guru memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran model PjBL yang diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning (PjBL) materi sistem ekskresi yang diterapkan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Secang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: hasil belajar, model project based learning, sistem ekskresi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:09
Last Modified: 29 Dec 2017 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28752

Actions (login required)

View Item View Item