RETORIKA TEKSTUAL PADA WACANA TAJUK RENCANA DI HARIAN KOMPAS EDISI DESEMBER 2015


Lailatul Mafiyah , 2111412047 (2016) RETORIKA TEKSTUAL PADA WACANA TAJUK RENCANA DI HARIAN KOMPAS EDISI DESEMBER 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2111412047.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (310kB) | Preview

Abstract

Manusia dalam kehidupan tidak lepas dari penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Dengan bahasa, manusia dapat berkomunikasi untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Seseorang dalam menyampaikan informasi kepada orang lain harus jelas dan mudah dipahami. Informasi yang jelas dan mudah dipahami memerlukan penggunaan bahasa yang tersusun secara efektif. Masalah pokok dalam penelitian ini mencakup (1) Bagaimana prinsip prosesibilitas pada wacana tajuk rencana di harian Kompas? (2) Bagaimana prinsip kejelasan pada wacana tajuk rencana di harian Kompas? (3) Bagaimana prinsip ekonomi pada wacana tajuk rencana di harian Kompas? Dan (4) Bagaimana prinsip ekspresivitas pada wacana tajuk rencana di harian Kompas? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalam penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode agih. Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal dan metode formal. Penerapan prinsip retorika tekstual pada wacana tajuk rencana di harian Kompas yaitu: (1) Prinsip prosesibilitas berupa struktur sintaktik berat-ringan, hubungan subordinasi, dan proses. Hubungan subordinasi meliputi hubungan waktu (waktu bersamaan, permulaan, batas akhir, dan berurutan), hubungan penyebaban, hubungan akibat, hubungan cara, hubungan sangkalan, hubungan tujuan, hubungan komplementasi, dan hubungan perbandingan. Selanjutnya, proses berupa urutan kronologis dan umum-khusus (hiponim dan ciri-ciri). Proses meliputi urutan kronologis dan umum khusus; (2) Prinsip kejelasan berupa maksim kejernihan dan maksim ketaksaan; (3) Prinsip ekonomi berupa singkatan dan akronim (akronim nama diri dan akronim bukan nama diri), elipsis, dan pronominalisasi (pronomina persona, pronomina penunjuk, dan pronomina penanya); dan (3) Prinsip ekspresivitas berupa sebab akibat dan urutan waktu (urutan peristiwa). Saran yang diberikan yaitu dengan ditemukannya penerapan prinsip retorika tekstual pada wacana tajuk rencana di harian Kompas, hendaknya penelitian dikembangkan dan ditindaklanjuti dengan penelitian selanjutnya. Selain itu, bagi peneliti bidang linguistik khususnya Bahasa Indonesia penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penulisan wacana jurnalistik. Selanjutnya, redaksi surat kabar lebih menerapkan retorika tekstual dalam penyusunan tajuk rencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: retorika tekstual, wacana tajuk rencana, harian Kompas
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2017 18:49
Last Modified: 28 Dec 2017 18:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item View Item