KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN WONOSARI 01
Nuning Setyowati, 1401412432 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN WONOSARI 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (479kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Wonosari 01?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar IPA materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN Wonosari 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 48 siswa. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang terdiri dari 22 siswa kelas IVA (kelas eksperimen) dan 26 siswa kelas IV B (kelas kontrol). Variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi sumber daya alam. Variabel bebasnya adalah pendekatan CTL. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dan uraian. Data hasil belajar dianalisis dengan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Wonosari 01 pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Mean posttest kelas eksperimen sebesar 73,45 dan mean posttest kelas kontrol sebesar 57. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (4,707) > ttabel (1,728) berarti bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL lebih besar dibandingkan pendekatan konvensional. Hasil uji N-Gain kelas kontrol sebesar 0,26 (rendah), sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,50 (sedang). Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa pendekatan CTL lebih efektif dibandingkan pendekatan konvensional. Saran yang dapat disampaikan pada guru, hendaknya memilih pendekatan yang dapat mengaktifkan siswa sehingga siswa mampu mengkonstruksi sendiri pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Untuk siswa, hendaknya lebih aktif dalam berpartisipasi supaya pembelajaran lebih bermakna. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai aternatif pemilihan pendekatan yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Keefektifan, Pendekatan CTL, Sumber Daya Alam |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:22 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28743 |
Actions (login required)
View Item |