PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA


Aslich Ummaiyah Wulandari, 1401412431 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412431.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu terbatasnya media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta kelas III SD. Media pembelajaran yang tersedia hanya berupa peta dan globe. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Monopoli IPA berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan karakteristik tertentu serta mengetahui kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan produk tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Sugiyono yang terdiri dari beberapa tahap meliputi potensi dan masalah; pengumpulan data; desain media Monopoli IPA; penilaian desain media Monopoli IPA; revisi desain media Monopoli IPA; uji coba skala kecil; revisi desain Monopoli IPA; uji coba skala besar; analisis data, dan produk final. Subyek penelitian ini adalah siswa SD Islam Al Madina. Pada uji coba skala kecil diambil 8 siswa dari kelas IV dan uji coba skala besar dilakukan di kelas III B dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian di SD Islam Al Madina Semarang menunjukkan bahwa media Monopoli IPA berbasis CTL memiliki karakteristik tertentu yang berbeda dengan monopoli pada umumnya. Media ini layak digunakan berdasarkan penilaian pakar karena mempunyai nilai kelayakan dari segi media sebesar 86,67% dan segi materi sebesar 81,67% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan media Monopoli IPA berbasis CTL ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis nilai pretest dan posstest. Hasil belajar dalam ranah kognitif dianalisis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung > ttabel (10,045 > 2,045). Setelah itu diuji kembali menggunakan uji N-gain yang menunjukkan peningkatan sedang yaitu sebesar 0,42. Berdasarkan uji-t dan N-gain tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dalam ranah kognitif meningkat secara signifikan dalam kategori sedang. Saran yang dapat disampaikan yaitu media Monopoli IPA berbasis CTL dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah. Selain itu, petunjuk permainan sebaiknya dibuat lebih jelas atau guru memberikan pengarahan secara langsung kepada siswa mengenai petunjuk permainan Monopoli IPA. Media ini juga praktis digunakan berdasarkan hasil angket tanggapan siswa dan guru yang menunjukkan tanggapan positif terhadap media Monopoli IPA berbasis CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Monopoli IPA, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:22
Last Modified: 10 May 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28741

Actions (login required)

View Item View Item