PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS II DI MI MIFTAKHUL AKHLAQIYAH SEMARANG


Umi Nur Rochimah , 1401412429 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK IPA MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA KELAS II DI MI MIFTAKHUL AKHLAQIYAH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412429.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (716kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kelas II MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang pada materi bumi dan alam semesta, dalam menggunakan media pembelajaran kurang bervariasi. Media yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA kelas II adalah media gambar dan pengamatan, menunjukkan bahwa media kurang bervariasi untuk menarik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan efektivitas Pop-Up Book dalam pembelajaran IPA materi bumi dan alam semesta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Hasil pengembangan media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba skala kecil dilakukan di kelas II A Miftakhul Akhlaqiyah Semarang dengan 8 siswa, dan uji skala besar dilakukan di kelas II B MI Miftakhul Akhlaqiyah Semarang dengan 30 siswa. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa, serta tanggapan siswa dan guru tentang media yang dikembangkan. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menyatakan bahwa media Pop-Up Book telah memenuhi kevalidan. Dari hasil validasi ahli untuk validasi media sebesar 83,82% dengan kriteria sangat valid oleh ahli materi dan 72,50% dengan kriteria layak, oleh guru 97,05 % dengan kriteria sangat valid untuk media, dan 98,75 % dengan kriteria sangat valid untuk materi oleh guru. Pada uji coba skala besar hasil posttest siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu sebesar 80,64 %. Hasil perhitungan N-gain dengan hasil 0.437 menunjukkan kriteria sedang. Untuk Uji t dihasilkan dengan hasil perhitungan thitung > ttabel, (7,907 > 2,001) sehingga terdapat perbedaan secara signifikan pada hasil belajar siswa, sehingga media pembelajaran pop-up dapat dikatakan efektif. Hasil tanggapan Guru dan siswa menunjukkan tanggapan dengan persentase 85,92 % dengan kriteria sangat baik tehadap penggunaan Pop-Up Book IPA kelas II MI Miftakhul AKhlaqiyah Semarang. Disimpulkan bahwa Pop-Up Book materi bumi dan alam semesta memenuhi kriteria valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas II SD/MI. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk mengembangkan media Pop-Up Book dibutuhkan waktu yang perlu dimanfaatkan lebih sehingga produk yang dihasilkan lebih optimal, detail dan bentuk 3 dimensi lebih variasi dan menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alam semesta, bumi, media, pop-up book
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:22
Last Modified: 10 May 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item