DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG


Ardy Febriyanto, 1401412421 (2016) DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI KECAMATAN SEMARANG BARAT KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412421.pdf]
Preview
PDF
Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 1401412421.pdf]
Preview
PDF
Download (392kB) | Preview

Abstract

Masalah sosial yang terjadi di masyarakat saat ini, salah satunya adalah penggunaan internet yang berlebihan oleh remaja dan anak-anak. Penggunaan internet yang berlebihan yaitu penggunaan internet lebih dari 10 jam tiap minggu oleh remaja dan anak-anak. Penggunaan internet yang berlebihan mengakibatkan anak mengesampingkan aktivitas penting lain seperti, belajar, dan makan. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui penggunaan internet siswa kelas V SDN di Kecamatan Semarang Barat; (2) untuk mengetahui minat belajar siswa kelas V SDN di Kecamatan Semarang Barat; dan (3) untuk mengetahui dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa kelas V SDN di Kecamatan Semarang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif mengacu pada teori Miles and Huberman yang mencakup reduksi data (data reduction) tentang penggunaan internet, minat belajar, dan dampak penggunaan internet terhadap minat belajar siswa yang diperoleh dari data dokumen, wawancara, observasi dan angket, dimana data-data tersebut dipilah dan diambil data yang dibutuhkan saja. Kemudian data-data tersebut dikelompokkan dan disajikan dalam bentuk naratif disebut tahap penyajian data (data display). Kemudian dilakukan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Data dalam penelitian ini diperoleh dari siswa kelas V pada lima SDN di Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, antara lain: SDN Bojong Semarang 02, SDN Gisikdrono 01, SDN Kembangarum 01, SDN Kalibanteng Kidul 01, SDN Karangayu 02. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: (a) sebagian besar siswa kelas V termasuk light users yaitu pengguna internet yang menghabiskan waktu kurang dari 10 jam per bulan (b) sebagian besar siswa kelas V memiliki minat belajar yang baik (c) penggunaan internet yang bijaksana untuk kepentingan belajar dan mencari ilmu pengetahuan akan berdampak positif dan meningkatkan minat siswa terhadap belajar, sedangkan penggunaan internet yang berlebihan untuk hiburan atau permainan akan mengakibatkan dampak negatif, yaitu minat terhadap fasilitas hiburan di internet mengalahkan minat siswa terhadap belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran dari peneliti untuk orang tua dan guru, baik yang sudah memahami internet maupun yang belum memahami internet sebaiknya terus mengikuti perkembangan internet, sehingga dengan kepahaman terhadap perkembangan internet, orang tua dan guru dapat memantau dan mengarahkan siswa untuk menggunakan internet secara bijaksana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, minat belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:21
Last Modified: 10 May 2019 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28735

Actions (login required)

View Item View Item