UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU MORAL MELALUI PANGGUNG BONEKA PADAKELOMPOK A TK ISLAM BINA KARIMA DESA UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG


BAMBANG YUNIARTO, 1601910002 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU MORAL MELALUI PANGGUNG BONEKA PADAKELOMPOK A TK ISLAM BINA KARIMA DESA UJUNGNEGORO KECAMATAN KANDEMAN KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601910002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (266kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan tujuan dalam pendidikan nasional bahwa pendidikan tepatnya harus dilaksanakan untuk meningkatkan akhlak yang mulia dan budi pekerti luhur (Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 012, 2003: 4 ). Budi pekerti mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia, budi pekerti merupakan pedoman pembimbing dan pendorong dalam diri manusia untuk mencapai kualitas yang lebih baik dan sempurna. Budi pekerti merupakan alat pengembangan dan pengendalian yang penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peningkatan perilaku moral menggunakan media panggung boneka pada kelompok A TK Islam Bina Karima Desa Ujungnegoro Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan rancangan pembelajaran yang dilakukan melalui 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah pemberian tugas, dokumentasi, observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian diperoleh pada analisis siklus I, kemampuan siswa dalam meningkatkan perilaku moral dalam hal bersikap ramah anak terjadi peningkatan sebesar 40%, pada siklus II sebesar 60% dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 95%. Dan dalam bidang berbahasa sopan dalam berbicara pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 35%,pada siklus II sebesar 55% dan pada siklus III sebesar 90%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media panggung boneka pada pembelajaran pembiasaan dapat meningkatkan perilaku moral pada siswa kelompok A TK Islam Bina Karima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa siswa kelompok A TK Islam Bina Karima dari jumlah 20 siswa terdapat 19 anak yang berkemampuan baik dan 1 siswa dengan hasil cukup, sehingga penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan sudah berhasil dengan optimal.Semua itu tidak terlepas dari bimbingan guru yang komprehensif, pihak sekolah dan peran orang tua juga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2017 16:55
Last Modified: 28 Dec 2017 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28733

Actions (login required)

View Item View Item