PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG
Hesti Febrina Rizqi , 1401412416 (2016) PEMBELAJARAN SENI RUPA DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (435kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran seni rupa merupakan pembelajaran yang memberi kebebasan peserta didik untuk berkreasi, sehingga kreativitas peserta didik terbentuk. Rumusan masalah penelitian, bagaimanakah peran pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas peserta didik?, bagaimanakah kreativitas peserta didik kelas V di SDN Purwoyoso 03 dalam pembelajaran seni rupa? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pembelajaran seni rupa dalam membentuk kreativitas peserta didik dan mendeskripsikan kreativitas peserta didik kelas V di SDN Purwoyoso 03 dalam pembelajaran seni rupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel 8 peserta didik diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian, peran pembelajaran seni rupa dan kreativitas peserta didik kelas V. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penganalisisan data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran seni rupa di kelas V berjalan dengan baik, yakni 71% dilaksanakan sesuai dengan teori yang dapat membentuk kreativitas peserta didik. Komponen pembelajaran digunakan dengan cukup maksimal dengan kategori baik. Sampel peserta didik menunjukkan kreativitas yang baik dengan kategori sangat baik (70%). Peserta didik rata-rata menunjukkan bentuk kreativitas yang bervariasi dengan tingkat kenampakan tertinggi pada bentuk kreativitas menghargai fantasi (91,7%) dan terendah pada bentuk kreativitas kebebasan dalam ungkapan diri (54,1%). Simpulan penelitian, pembelajaran seni rupa memiliki peran membentuk kreativitas peserta didik; 1) menyediakan materi dan media yang mengembangkan kreativitas, 2) memberikan motivasi dan kebebasan untuk mengekspresikan diri, dan 3) memberikan bimbingan dan penghargaan pada proses dan produk kreatif. Bentuk kreativitas yang dikembangkan berupa; tepat dalam mewujudkan gagasan, lentur dalam berpikir, bebas mengungkapan diri, menghargai fantasi, terampil berkarya, percaya terhadap gagasan sendiri, dan mandiri dalam memberikan pertimbangan. Saran penelitian; 1) sekolah hendaknya mendukung pembelajaran seni rupa agar berjalan sesuai dengan fungsinya, 2) guru hendaknya menjaga objektivitas dan cermat dalam memilih strategi pembelajaran seni rupa, 3) peserta didik hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran seni rupa, 4) perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan kurun waktu lebih lama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, pembelajaran seni rupa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 10 May 2019 13:21 |
Last Modified: | 10 May 2019 13:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28732 |
Actions (login required)
View Item |