PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SD PANGUDI LUHUR BERNARDUS SEMARANG


Amelia Nirha Khartikasari , 1401412415 (2016) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SISWA DI SD PANGUDI LUHUR BERNARDUS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412415.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (324kB) | Preview

Abstract

Menurut pendapat ahli, karakter percaya diri menentukan keberhasilan seseorang. Salah satu integrasi pendidikan karakter di sekolah adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seni tari merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Seni di SD lebih mengutamakan proses sebagai media pendidikan. Permasalah dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat membentuk karakter percaya diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk karakter percaya diri siswa di SD Pangudi Luhur Bernardus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi di SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Sampel terdiri dari kepala sekolah, guru ekstrakurikuler seni tari, dan 16 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dan karakter percaya diri siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, serta catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Pangudi Luhur Bernardus berada dalam kategori sangat baik. Guru melakukan upaya untuk menumbuhkan gairah siswa, mengembangkan keterampilan siswa, mendorong aktivitas sosial siswa, dan memberikan rasa nyaman bagi siswa. Guru menggunakan komposisi dan desain lantai yang bervariasi, sehingga membuat siswa menjadi bergairah dan ingin mencoba hal baru. Hasil kedua yaitu bentuk karakter siswa yang tampak dalam kegiatan ekstrakurikuler berada dalam kategori sangat baik. Karakter percaya diri siswa di SD Pangudi Luhur Bernardus tampak dalam bentuk sikap berani berbuat dalam kegiatan, memiliki kemantapan dalam menari, memiliki antusias dalam kegiatan, memiliki kemandirian dalam kegiatan, dan memiliki tanggung jawab dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Simpulan dalam penelitian ini adalah kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat membentuk karakter percaya diri siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) sekolah hendaknya meningkatkan kegiatan yang menjadi wadah dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa; (2) guru hendaknya mengadakan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih kreatif untuk membentuk karakter percaya diri siswa; (3) siswa hendaknya lebih percaya diri dengan bantuan yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler seni tari, karakter percaya diri.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:21
Last Modified: 10 May 2019 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item