EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEL


Nur Maulidatul Ifadah , 4401411094 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEL]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SEL) - Published Version
Download (765kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses dimana siswa mengembangkan potensi yang dimiliki untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman. Hasil observasi di SMA N 2 Pekalongan menunjukkan pemahaman konsep pada materi sel rendah. Pemahaman konsep terhadap suatu materi pelajaran tidak lepas dari penggunaan model dan metode pembelajaran. Model dan metode pembelajaran yang tepat akan membuat siswa aktif sehingga pembelajaran lebih bermakna dan materi pelajaran dapat dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap pemahaman konsep pada materi sel. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental Design dengan menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA 2 Pekalongan. Sampel diambil menggunakan purposive sampling dengan XI IPA 1 sebagai sampel. Data yang diambil berupa data hasil belajar siswa (ketuntasan klasikal dan N-gain), aktivitas siswa, dan tanggapan siswa. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen efektif terhadap pemahaman konsep pada materi sel apabila N-gain sekurang-kurangnya memenuhi kategori sedang, persentase ketuntasan klasikal sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa memenuhi nilai KKM 75, persentase aktivitas siswa sekurang-kurangnya 75% dari jumlah siswa memenuhi kategori aktif sampai dengan sangat aktif, persentase tanggapan siswa sekurang-kurangnya memenuhi kategori cukup baik untuk tiap aspeknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal sebesar 85,71% siswa memenuhi nilai KKM 75, Peningkatan pemahaman konsep siswa masuk dalam kategori sedang dan tinggi dengan N-gain sebesar 0,6933 (sedang). Aktivitas siswa menunjukkan terdapat 86% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memenuhi kategori baik dan sangat baik pada semua aspeknya. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen efektif terhadap pemahaman konsep pada materi sel. Pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dapat menjadi alternatif model dan metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran materi sel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Materi sel, Metode eksperimen, Model inkuiri terbimbing Pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 28 Dec 2017 16:41
Last Modified: 28 Dec 2017 16:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28728

Actions (login required)

View Item View Item