EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PROTISTA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Zahrotun Nisa, 4401411093 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PROTISTA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PROTISTA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PROTISTA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (571kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru Biologi kelas X di SMA N 1 Godong, Kabupaten Grobogan, diperoleh hasil bahwa metode pembelajaran ceramah dan diskusi digunakan untuk membelajarkan semua Kompetensi Dasar, sehingga belum berpusat pada siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang berpartisipasi secara aktif pada saat proses pembelajaran. Akibatnya masih ada siswa yang hasil belajarnya belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas pembelajaran reciprocal teaching pada materi Protista untuk membedakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Godong antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental menggunakan rancangan the posttest only control group. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 (kelas eksperimen) dan X MIA 2 (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar pengetahuan, sikap, dan keterampilan; dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen rata-rata nilai pengetahuan = 3,38; sikap = 3,08; dan keterampilan 3,41. Untuk kelas kontrol, rata-rata nilai pengetahuan = 3,29; sikap = 2,98; keterampilan = 3,34. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney pada nilai pengetahuan dan sikap menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan pada nilai keterampilan tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen menggunakan pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada kelas kontrol. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap pembelajaran reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: aktivitas dan hasil belajar, materi protista, reciprocal teaching.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 28 Dec 2017 16:36
Last Modified: 28 Dec 2017 16:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28727

Actions (login required)

View Item View Item