IMPLIKATUR PADA WACANA IKLAN RADIO DI SEMARANG
Dian Bayu Betaringsih , 2111412006 (2016) IMPLIKATUR PADA WACANA IKLAN RADIO DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (333kB) | Preview |
Abstract
Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang diciptakan untuk memberikan informasi mengenai produk atau jasa kepada konsumen. Iklan tersebut dapat dijumpai dalam berbagai macam media yang salah satunya yaitu radio. Dalam pembuatan iklan produsen atau pengiklan sering memanfaatkan tuturan yang tersirat atau implikatur didalamnya. Fungsi dari penggunaan tuturan tersirat atau implikatur tersebut yaitu untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produknya. Oleh karena itu dalam penelitian ini membahas mengenai implikatur yang terdapat pada wacana iklan yang disiarkan melalui radio di Semarang. Masalah yang diteliti yaitu (1) jenis-jenis implikatur apa sajakah yang terdapat pada wacana iklan radio di Semarang dan (2) sumber implikatur apa sajakah yang terdapat pada wacana iklan radio di Semarang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mengidentifikasi sumber implikatur yang terdapat pada wacana iklan radio di Semarang dan mendeskripsikan dan mengidentifikasi jenisjenis implikatur yang terdapat pada wacana iklan radio di Semarang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodelogis. Pendektan teoretis yang dimaksud adalah pendekatan pragmatis, sedangkan pendekatan metedologi terbagi menjadi dua yaitu pendektan kualitatif dan deskriptif. Data penelitian ini mengacu pada penggalan tuturan wacana iklan, yang diasumsikan mengandung implikatur, sedangkan sumber data yaitu wacana iklan radio di Semarang yang dikumpulkan mulai bulan Maret hingga April. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode simak, kemudian dilanjutkan dengan teknik rekam dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode heuristik dan normatif. Hasil analisis data disajikan secara informal. Hasil penelitian ini yaitu jenis-jenis implikatur yang ditemukan pada wacana iklan radio di Semarang berupa (1) implikatur representatif menunjukkan, meyakinkan, dan menyatakan, (2) implikatur direktif menyuruh dan mengajak, (3) implikatur ekspresif menyindir dan membandingkan, (4) implikatur komisif berjanji dan mengancam, dan (5) implikatur deklarasi atau isbati melarang. Adapun sumber implikatur pada wacana iklan radio di Semarang yaitu (1) pelanggaran prinsip kerja sama yang meliputi empat bidal yaitu bidal kuantitas, kualitas, relevansi, dan cara, (2) pelanggaran prinsip kesantunan yang meliputi enam bidal yaitu bidal ketimbangrasaan, bidal kemurahhatian, bidal keperkenaan, bidal kerendahhatian, bidal kesetujuan, dan bidal kesimpatian. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dan uraian pada bab-bab sebelumya, ada beberapa saran yang diberikan antara lain (1) pengiklan atau produsen sebaiknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan meperhatikan kesantunan berbahasa dalam pembuatan iklan tersebut, (2) pendengar atau konsumen hendaknya memperhatikan maksud yang ingin disampaikan pengiklan dan memperhatikan lebih saksama kualitas dan kebenaran dari produk yang ditawarkan, dan (3) para peneliti bahasa diharapkan menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk dikembangkan lebih lanjut agar penelitian ini menjadi lebih sempurna dan diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penggunaan bahasa di radio baik dari kajian pragmatik atau kajian bahasa lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implikatur, wacana iklan, jenis implikatur, sumber implikatur. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 13:14 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 13:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28722 |
Actions (login required)
View Item |