KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CEPAGAN 01 KABUPATEN BATANG


Tiyas Afriyani , 1401412413 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTU MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CEPAGAN 01 KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412413.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (338kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran PKn dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Model pembelajaran TGT berbantu media crossword puzzle dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan menerapkan model pembelajaran TGT berbantu media crossword puzzle, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT berbantu media crossword puzzle terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Negeri Cepagan 01 Kabupaten Batang. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Cepagan 01 dan SD Negeri Cepagan 02 Kabupaten Batang. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 47 siswa yang terdiri dari 25 siswa dari kelas eksperimen dan 22 siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Cronbach’s Alpha untuk uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent sampel t-test dan uji pihak kanan polled varian untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,555 > 2,014) dan signifikansinya 0,001 < 0,05. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,769 > 2,014) dan signifikansi 0,008 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas IV yang menerapkan model kooperatif tipe TGT berbantu media crossword puzzle dibanding yang menerapkan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji pihak kanan polled varian, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,692 > 2,014). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,716 > 2,014). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan model kooperatif tipe TGT berbantu media crossword puzzle lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, model TGT, media crossword puzzle.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:21
Last Modified: 10 May 2019 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item