PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS DISKUSI BERMUATAN NILAI-NILAI CINTA DAMAI DAN ANTIKEKERASAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Ani Aristiani , 2101412169 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENYUSUN TEKS DISKUSI BERMUATAN NILAI-NILAI CINTA DAMAI DAN ANTIKEKERASAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (831kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan bahan ajar berupa buku sebagai sumber belajar di setiap jenjang pendidikan terus mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terjadi seiring dengan adanya pemberlakukan Kurikulum 2013. Adanya pembelajaran berbais teks pada Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia, telah memunculkan berbagai jenis teks baru. Salah satu kompetensi dasar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang harus dikuasai peserta didik adalah kompetensi dasar (KD) 4.2 menyusun teks diskusi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kondisi bahan ajar yang digunakan di sekolah maupun bahan ajar yang beredar di pasaran untuk menunjang pembelajaran menyusun teks diskusi masih terdapat beberapa kekurang. Dari segi materi, bahan ajar yang ada belum menyajikan materi secara detail. Selain itu, jumlah contoh teks diskusi yang disajikan pun masih sedikit. Kekurangan lainnya, yaitu bahan ajar yang sudah ada juga belum diintergrasikan dengan muatan nilai karakter cinta damai dan antikekerasan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan nilai-nilai cinta damai da antikekerasan dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini mengkaji enam hal, yaitu (1) bagaimana ketersediaan dan kondisi bahan ajar menyusun teks diskusi yang ada, (2) bagaimana kebutuhan pengembangan bahan ajar, (3) bagaimana prinsip pengembangan bahan ajar, (4) bagaimana prototipe bahan ajar, (5) bagaiman hasil penilaian guru dan ahli terhadap prototipe bahan ajar, dan (6) bagaimana perbikan prototipe bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan nilai-nilai cinta damai dan antikekerasan dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan ketersediaan dan kondisi bahan ajar menyusun teks diskusi yang ada, (2) memaparkan kebutuhan pengembangan bahan ajar, (3) menjelaskan prinsip pengembangan bahan ajar, (4) memaparkan prototipe bahan ajar, (5) menguraikan hasil penilaian guru dan ahli terhadap prototipe bahan ajar, dan (6) menguraikan perbikan prototipe bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan nilai-nilai cinta damai dan antikekerasan dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP.Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Akan tetapi, penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap kelima, yaitu tahap revisi dan penyempurnaan produk. Subjek dalam penelitian ini, yaitu peserta didik kelas VIII dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah dilaksanakan penelitian diperoleh hasil penelitian, yaitu pertama simpulan terkait ketersedian dan kondisi buku pendamping diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah hanya bahan ajar yang diterbitkan pemerintah. Namun, ada pula yang menggunakan bahan ajar pendaming berupa LKS di dua sekolah yang menjadi responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa buku yang digunakan masih belum menyajikan materi menyusun teks diskusi secara detail. Selain itu, bahan ajar yang ada belum mengintegrasikan muatan nilai cinta damai dan antikekerasan. Kedua, analisis hasil kebutuhan bahan ajar menyusun teks diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi isi/materi guru dan peserta didik membutuhkan bahan ajar yang berisi materi yang disajikan secara lengkap dan mendalam dengan disertai contoh-contoh. Dari segi penyajian, bahan ajar yang disusun dengan tahapan yang mampu membuat peserta didik lebih aktif dan dilengkapi dengan muatan nilai cinta damai dan antikekerasan. Selain itu, dari segi bahasa dan keterbacaan bahan ajar yang dibutuhkan adalah bahan ajar yang disusun menggunakan bahasa yang bahasa resmi, penulisan huruf dan tanda baca sesuai dengan EYD, dan kalimat yang digunakan komunikatif, efektif, dan lugas. Terakhir, dari aspek grafika bahan ajar disusun dengan ukuran buku B5, jenis dan ukuran huruf yang digunakan Times New Roman berukuran 11pt dan dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan sesuai konspe materi. Ketiga, prindip-prinsip yang digunakan dalam penyusunan bahan ajar, yaitu prinsip relevansi, kecukupan, adaptif, konsistensi, inovasi, self instructional dan self alone. Keempat, prototipe bahan ajar menyusun teks diskusi terdiri atas tiga bab, yaitu (a) bab 1 menenal teks diskusi, (b) bab 2 kiat menyusun teks diskusi, dnan (c) bab 3 terampil menyusun teks diskusi. Kelima, hasil penilaian guru terhadap prototipe bahan ajar memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,98 dan dosen ahli sebesar 77,74. Keenam, perbaikan dilakukan pada lima aspek dilakukan pada lima aspek, yaitu (a) sampul buku, (b) halaman judul buku, (c) pengantar pembelajaran, (d) penambahan evaluasi, dan (e) pola penyajian pada bagian bab 1.Untuk keberterimaan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan nilai-nilai cinta damai dan antikekerasan dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP dengan teori, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebt sudah sesuai dengan teori yang ada. Saran yang direkomendasikan, yaitu (1) guru dapat mengkombinasikan bahan ajar ini sebagai bahan ajar penunjang pembelajaran menyusun teks diskusi,(2) guru dapat memaksimalkan penggunaan bahan ajar ini guna menanaman karakter nilai cinta damai dan antikekerasan, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar menyusun teks diskusi bermuatan nilai-nilai cinta damai dan antikekerasan dengan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas VIII SMP.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | muatan nilai cinta damai dan antikekerasan; pendekatan saintifik, pengembangan bahan ajar; teks diskusi |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 17:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 17:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28707 |
Actions (login required)
View Item |