PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERUATAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA


Ana Aristiana , 2101412168 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERUATAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412168.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (485kB) | Preview

Abstract

Eksistensi bahan ajar dalam pembelajaran memiliki peranan penting bagi peserta didik. Dikatakan demikian karena melalui bahan ajar guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan peserta didik akan lebih terbantu dalam proses belajar. Keberadaan bahan ajar tentunya harus memperhatikan tuntutan kurikulum, artinya bahan ajar yang dikembangkan harus sesuai dengan pelaksanaan kurikulum di sekolah. Saat ini dibeberapa Sekolah Menengah Atas di Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013. Hadirnya kurikulum 2013 dalam mata pelajaran bahasa Indonesia telah memunculkan beberapa teks baru. Salah satunya, yaitu teks prosedur kompleks. Sesuai dengan Kompetensi Dasar kelas X, yaitu KD 4.2 memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan hasil observasi di sekolah diketahui bahwa keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks peserta didik belum maksimal salah satunya dikarenakan keterbatasan bahan ajar yang dimiliki. Disisi lain, bahan ajar yang tersedia dipasaran belum menyampaikan materi memproduksi teks prosedur kompleks secara khusus. Rumusan masalah dalam peelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah ketersediaan buku pendamping dan kebutuhan pengembangan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA? (2) bagaimana prinsip pengembangan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA? (3) bagaimana prototipe bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA? dan (4) bagaimana penilaian dan perbaikan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA serta tanggapan peserta didik? Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan ketersediaan buku pendamping dan kebutuhan pengembangan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA, (2) mendeskripsikan prinsip pengembangan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA. (3) mendeskripsikan prototipe bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA, dan (4) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks bermuatan cinta lingkungan dengan menggunakan pendekatan saintifik bagi peserta didik kelas X SMA serta tanggapan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan sampai dengan lima tahap, yaitu (a) penelitian dan pengumpulan data, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk, (d) uji produk dan revisi, dan (e) penyempurnaan produk akhir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data ketersediaan kondisi buku pendamping dan data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian prototipe bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskrisptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Ketersediaan buku pendamping dalam pembelajaran di sekolah menggunakan bahan ajar terbitan pemerintah. Bahan ajar yang digunakan masih belum lengkap dari segi materi dan contoh yang disajikan belum memadai. Bahan ajar yang dibutuhkan memuat isi materi yang lengkap, jelas, dan disertai dengan contoh sebagai penjelas, ilustrasi sebagai penjelas disajikan berwarna, menggunakan bahasa yang sesuai dengan kognitif peserta didik, dan terdapat sisipan muatan cinta lingkungan. (2) Prinsip pengembangan bahan ajar memproduksi teks prosedur kompleks, meliputi aspek materi, aspek penyajian, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek grafika. (3) Prototipe bahan ajar dirancang sesuai dengan analisis kebutuhan dan prinsip pengembangan bahan ajar, meliputi bentuk fisik bahan ajar, sampul bahan ajar, bagian awal bahan ajar, bagian isi bahan ajar, dan bagian akhir bahan ajar. (4) penilaian dan saran perbaikan diberikan oleh guru dan dosen ahli berdasarkan tiga bagian bahan ajar. Akumulasi perolehan nilai rata-rata pada bagian awal bahan ajar berdasarkan penilaian guru dan dosen ahli sebesar 78,33. Sementara itu, pada bagian isi bahan ajar memperoleh rata-rata sebesar 83,81. Adapun bagian akhir bahan ajar memperoleh rata-rata sebesar 83,91. Saran dan perbaikan dilakukan pada beberapa bagian, yaitu (a) sampul bahan ajar, (b) tampilan halaman judul pada setiap bab, (c) bagian isi bahan ajar (pada bab III lebih difokuskan pada pengembangan kerangka karangan), (d) penambahan soal evaluasi, tata letak penomoran halaman, dan (f) penambahan halaman indeks. Saran yang dapat direkomendasikan dalam penelitian ini, yaitu (1) guru bisa mengkombinasikan bahan ajar yang telah dikembangkan dengan bahan ajar yang digunakan di sekolah untuk memaksimalkan pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks, (2) untuk mengefektifkan implementasi muatan cinta lingkungan, guru bisa memberikan tugas berkelompok atau mandiri untuk melakukan praktik pengelolahan limbah dan menuliskan hasilnya dalam bentuk teks prosedur kompleks, dan (3) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan bahan ajar memproduksi teks prosedur komplek bermuatan cinta lingkungan ini agar diketahui tingkat keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan dalam pembelajaran keterampilan memproduksi teks prosedur kompleks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, memproduksi teks prosedur kompleks, muatan cinta lingkungan, pendekatan saintifik.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 14:23
Last Modified: 27 Dec 2017 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28706

Actions (login required)

View Item View Item