PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA POHON BERBUAH GAMBAR PADA SISWA KELAS VII H SMPN 12 SEMARANG


Masita Pawestri Dwi Ratri , 2101412163 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA POHON BERBUAH GAMBAR PADA SISWA KELAS VII H SMPN 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412163.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (391kB) | Preview

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis puisi keindahan alam pada kelas VIIH SMP Negeri 12 Semarang masih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 12 Semarang. Peneliti menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis puisi keindahan alam, khususnya siswa kelas VII-H SMP Negeri 12 Semarang. Upaya meningkatkan keterampilan siswamenulis puisi keindahan alam, mereka perlu dilatih sebaik-baiknya melalui peningkatan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang inovatif dan kreatif agar siswa termotivasi dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode peta pikiran dengan media pohon berbuah gambar pada siswa kelas VII H SMP Negeri 12 Semarang? (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode peta pikiran dengan media pohon berbuah gambar pada siswa kelas VII H SMP Negeri 12 Semarang? (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VII H SMP Negeri 12 Semarang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode peta pikiran dengan media pohon berbuah gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode peta pikiran dan media pohon berbuah gambar sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam pada siswa kelas VII-H SMP Negeri 12 Semarang. Variabel penelitian ini, yaitu variabel keterampilan menulis puisi keindahan alam dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode peta pikiran dengan media pohon berbuah gambar. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis puisi keindahan alam, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II pada semua aspek. Terjadi peningkatan hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I ke siklus II sebesar 21,87%. Keterampilan siswa dalam menulis puisi keindahan alam peningkatan pada siklus I, ketercapaian KKM sebesar 74,75 dengan persentase ketuntasan 53,12%. Pada siklus II, ketercapaian KKM meningkat menjadi 78,40 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan siswa setelah tindakan siklus I dan siklus II juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran keterampilan menulis puisi keindahan alam menggunakan metode peta pikiran dengan media pohon berbuah gambar dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam, sebab metode peta pikiran dan media pohon berbuah gambar dapat memudahkan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam. Penerapan metode peta pikiran dan media pohon berbuah gambar dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan metode dan media dalam pembelajaran menulis puisi keindahan alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis puisi keindahan alam, metode peta pikiran, media pohon berbuah gambar, perilaku siswa
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:59
Last Modified: 27 Dec 2017 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28705

Actions (login required)

View Item View Item