PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS ULASAN CERITA RAKYAT DAERAH PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Azizah , 2101412154 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS ULASAN CERITA RAKYAT DAERAH PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412154.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (368kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, ketersediaan buku dan materi tentang menyusun teks ulasan di tiga sekolah yang berada di daerah pesisir, perpustakaan, dan toko buku masih terbatas dalam buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran tersebut adalah 1) Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan kelas VIII SMP dari Kemendikbud, 2) Bupena, Buku Penilaian Autentik Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII dari penerbit Erlangga dan 3) Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs Kelas VIII dari penerbit Bumi Aksara yang memuat materi menyusun teks ulasan cakupan materinya masih kurang lengkap. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan buku pengayaan menyusun teks ulasan. Buku pengayaan menyusun teks ulasan dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk memperkaya wawasan peserta didik dalam menyusun teks ulasan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1) bagaimanakah karakteristik kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan menyusun teks ulasan cerita rakyat daerah pesisir bermuatan nilai humanistik untuk peserta didik SMP, 2) bagaimanakah pengembangan buku pengayaan menyusun teks ulasan cerita rakyat daerah pesisir bermuatan nilai humanistik untuk peserta didik SMP, dan 3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks ulasan cerita rakyat daerah pesisir bermuatan nilai humanistik untuk peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu 1) survei pendahuluan; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk mendapatkan data kebutuhan pengembangan buku pengayaan dan penilaian prototipe buku pengayaan. Adapun sumber data terdiri atas guru dan peserta didik, dan dosen ahli. Guru dan peserta didik yang dijadikan sebagai sumber data berasal dari tiga sekolah di tiga daerah pesisir yaitu SMP 2 Pekalongan, SMP 1 Pecangaan, dan SMP 2 Rembang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap buku pengayaan menyusun teks ulasan cerita rakyat daerah pesisir bermuatan nilai humanistik menghasilkan karakteristik buku pengayaan dan harapan terhadap buku pengayaan menurut peserta didik dan guru. Kemudian dari hasil analisis kebutuhan buku dirumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaaan yaitu pada aspek materi dikembangkan berdasarkan prinsip relevansi, adaptif, dan rasional. Aspek penyajian materi dikembangkan berdasarkan prinsip atraktif, sistematis, dan inovatif. Aspek bahasa dan keterbacaan dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif, komunikatif, dan kebakuan. Aspek grafika dikembangkan berdasarkan prinsip adaptif, estetis, dan konsistensi. Kedua, proses pengembangan prototipe buku pengayaan. Prototipe buku pengayaan yang dikembangkan terdiri atas 1) bagian awal meliputi prakata, petunjuk penggunaan buku, dan daftar isi; 2) isi buku yang terdiri atas empat bab yaitu hakikat teks ulasan, prapenyusunan teks ulasan, penyusunan teks ulasan, dan pascapenyusunan teks ulasan; 3) bagian penutup meliputi daftar pustaka, glosarium, dan penutup. Ketiga, aspek bagian awal buku pengayaan memperoleh nilai berkategori baik dengan rata-rata 90,27, aspek bagian isi buku pengayaan memperoleh nilai berkategori baik dengan ratarata 89,58 dan aspek bagian akhir buku pengayaan juga memperoleh nilai berkategori baik dengan rata-rata 91,66. Hasil penilaian terhadap prototipe buku pengayaan yang dilakukan oleh ahli. Keempat, yaitu a) ilustrasi sampul depan buku, b) ilustrasi halaman judul bab, c) penyajian materi kaidah bahasa teks ulasan, d) pemberian ilustrasi e) penyajian sosok inspiratif, dan f) sampul belakang buku. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini: 1) buku pengayaan hendaknya bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran menyusun teks ulasan, 2) buku pengayaan hendaknya dipelajari secara urut supaya pengetahuan yang didapat lebih menyeluruh, dan 3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, teks ulasan, cerita rakyat daerah pesisir, nilai humanistik
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:50
Last Modified: 27 Dec 2017 13:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item View Item