KEEFEKTIFAN VIDEO PEMENTASAN DRAMA DAN VIDEO IKLAN PELAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYUSUN CERITA PENDEKDENGAN MODEL INKUIRI PADA SISWA SMP KELAS VII


Umi Nur Laili M , 2101412131 (2016) KEEFEKTIFAN VIDEO PEMENTASAN DRAMA DAN VIDEO IKLAN PELAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYUSUN CERITA PENDEKDENGAN MODEL INKUIRI PADA SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412131.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (687kB) | Preview

Abstract

Menyusun cerita pendek secara tertulis merupakan salah keterampilan yang harus dikuasai siswa. Fenomena yang terjadi di sekolah, siswa mengalami permasalahan yang dapat menghambat proses pembelajaran menyusun cerita pendek,yaitu pemilihan diksi yang masih rendah, sulit menentukan tema, kurangnya pengalaman menulis, dan kesulitan mengembangkan paragraf. Penggunaan media dan model pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi keefektifan pembelajaran di kelas serta memotivasi siswa lebih aktif dan kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tingkat keefektifan video pementasan drama sebagai media pembelajaran menyusun cerita pendek dengan model inkuiri pada siswa SMP kelas VII; (2) Mendeskripsikan tingkat keefektifan video iklan pelayanan masyarakat sebagai media pembelajaran menyusun cerita pendek dengan model inkuiri pada siswa SMP kelas VII; (3) Mendeskripsikan perbedaan tingkat keefektifan video pementasan drama dan video iklan pelayanan masyarakat sebagai media pembelajaran menyusun cerita pendek dengan model inkuiri pada siswa SMP kelas VII. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental (eksperimen semu) yaitu Nonequivalent Control Group Design. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling (sampel bertujuan). Sampel penelitian ini adalah keterampilan menyusun cerita pendek siswa kelas VII 9 SMP Negeri 2 Rembang (kelas eksperimen)dan kelas VII 7 SMP Negeri 2 Rembang (kelas kontrol). Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media video pementasan drama dengan model inkuiri, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan media video iklan pelayanan masyarakat dengan model inkuiri. Sebelum diberi perlakuan, diberi pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa. Selanjutnya setelah diberi perlakuan, siswa diberi posttest untuk mengetahui kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata pretest aspek pengetahuan mencapai 73,59% dan nilai rata-rata posttest mencapai 81,56%, sedangkan pada aspek keterampilan nilai ratarata pretest mencapai 75,15% dan nilai rata-rata posttest mencapai 81,71%. Adapun pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest aspek pengetahuan mencapai 72,50% dan nilai rata-rata posttest mencapai 79,84%, sedangkan pada aspek keterampilan nilai rata-rata pretest mencapai 72,18% dan nilai rata-rata posttest mencapai 81,40%. Hasil posttest pada kedua kelas meningkat, hanya saja hasil posttest kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, sehingga media yang efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun cerita pendek adalah video pementasan drama. Selain itu, dari hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pementasan drama lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menyusun cerita pendek daripada media video iklan pelayanan masyarakat. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia menggunakan media video pementasan drama dalam pembelajaran menyusun cerita pendek. penerapan media tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: video pementasan drama, video iklan pelayanan masyarakat, pembelajaran menyusun teks cerita pendek.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:39
Last Modified: 27 Dec 2017 13:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28699

Actions (login required)

View Item View Item