PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENANGKAP MAKNA TEKS FABEL BERMUATAN PEDULI SOSIAL DENGAN METODE PREVIEW, READ, DAN REVIEW UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Riani Dwi Ristiana , 2101412127 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENANGKAP MAKNA TEKS FABEL BERMUATAN PEDULI SOSIAL DENGAN METODE PREVIEW, READ, DAN REVIEW UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412127.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (509kB) | Preview

Abstract

Materi pembelajaran menangkap makna teks fabel di sekolah masih belum menunjang kegiatan pembelajaran, sehingga masih perlu dikembangkan. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Melalui buku pengayaan, peserta didik diharapkan lebih dapat menguasai konsep teks fabel, mendapatkan lebih banyak contoh-contoh teks fabel dan cara menangakap makna teks fabel, sehingga dapat terampil menangkap makna teks fabel. Buku pengayaan menangkap makna teks fabel yang dikembangkan bermuatan peduli sosial agar peserta didik termotivasi untuk melakukan kepedulian. Permasalahan penilitian yang dirumuskan (1) bagaimanakah ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran menangkap makna yang digunakan oleh peserta didik dan guru, (2) bagaimanakah kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII, (3) bagaimanakah prinsip penyusunan buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru, (4) bagaimanakah prototipe buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII, dan (5) bagaimanakah penilaian dan perbaikan terhadap produk buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketersediaan dan kondisi serta buku pendamping menangkap makna teks fabel yang digunakan peserta didik dan guru, (2) mendiskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII, (3) mendeskripsikan prinsip penyusunan buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru, (4) mendeskripsi prototipe buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII, dan (5) mendeskripsikan penilaian dan perbaikan produk buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan nilai peduli sosial menggunakan metode preview, read, dan review untuk peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran menangkap makna yang ada, data kebutuhan kebutuhan buku pengayaan menangkap makna teks fabel, dan data validasi produk buku pengayaan menangkap makna teks fabel. Hasil penelitian ini, yaitu (1) buku pendamping yang ada sudah tersedia, namun belum memadai, materi belum lengkap, penyajian buku dan tipografinya cukup menarik, (2) peserta didik dan guru membutuhkan buku pengayaan yang dibuat dengan tampilan yang menarik, bahasa yang mudah dipahami, dan materi yang dapat membantu pembaca dalam pembelajaran menangkap makna teks fabel dan dapat menumbuhkan perilaku peduli sosial bagi pembacanya, (3) prinsipprinsip buku pengayaan menangkap makna teks fabel ditentukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan, (4) prototipe buku pengayaan menangkap makna teks fabel terdiri atas: (a) sampul buku, (b) fisik buku, dan (c) isi buku, dan (5) penilaian hasil prototipe terhadap buku pengayaan meliputi (a) bagian awal buku memperoleh nilai 84,6 dengan kategori baik, (b) bagian isi buku memperoleh nilai 84,67 dengan kategori baik, dan (c) bagian akhir buku memperoleh nilai 90,85 dengan kategori sangat baik. Perbaikan buku pengayaan menangkap makna meliputi (a) perbaikan pada sampul buku, (b) bagian isi buku pada teori menangkap makna, penggunaan huruf, penggunaan kata asing, dan keproporsionalan ilustrasi dan ukuran huruf, dan (c) bagian akhir buku bagian sampul belakang buku. Berdasarkan hasil penelitian di atas, adapun saran yang direkomendasikan, yaitu (1) peserta didik hendaknya menggunakan buku pengayaan menangkap makna teks fabel sebagai buku pendamping pembelajaran menangkap makna, (2) guru bisa menggunakan buku pengayaan menangkap makna teks fabel ini sebagai bahan materi untuk kegiatan pengayaan, dan (3) peneliti lain perlu mengadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menangkap makna teks fabel bermuatan peduli sosial dengan metode preview, read, dan review untuk peserta didik kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menangkap makna, teks fabel, peduli sosial, metode preview, read, dan review.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 13:33
Last Modified: 27 Dec 2017 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28697

Actions (login required)

View Item View Item