HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SEBAYA DAN GAYA PENGASUHAN USTADZAH DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN PADA SANTRIWATI MTs PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SUKOHARJO


Fathin Farah Fadhilah , 1511412084 (2016) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL SEBAYA DAN GAYA PENGASUHAN USTADZAH DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN PADA SANTRIWATI MTs PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (352kB) | Preview

Abstract

Kelompok sosial yang dibentuk oleh sejumlah individu pasti memiliki peraturan, baik itu berupa organisasi atau lembaga. Untuk mewujudkan lingkungan harmonis diperlukan kepatuhan terhadap peraturan dari seluruh anggota masyarakat, tidak terkecuali santriwati di pondok pesantren. Masa perkembangan remaja ketika masa trotzalter mulai muncul, kepatuhan menjadi hal yang menantang remaja untuk menyesuaikan antara keinginan pribadi dengan tuntutan dari masyarakat. Dukungan sosial sebaya dan gaya pengasuhan ustadzah dimungkinkan menjadi faktor yang terkait dengan kepatuhan terhadap peraturan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara dukungan sosial sebaya dan gaya pengasuhan ustadzah dengan kepatuhan terhadap peraturan pada santriwati MTs PPMI Assalaam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan korelasional.. Pengambilan sampel mengunakan ternik cluster random sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 139 santriwati. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala kepatuhan terhadap peraturan, skala dukungan sosial sebaya, dan skala gaya pengasuhan ustadzah. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda dan non parametric Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara dukungan sosial sebaya dengan kepatuhan terhadap peraturan adalah sebesar 0,000 dengan signifikansi 0,999. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial tidak berhubungan dengan kepatuhan terhadap peraturan. Sedangkan untuk koefisien korelasi antara gaya pengasuhan dan kepatuhan terhadap peraturan adalah sebesar 0,593 dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya pengasuhan dengan kepatuhan terhadap peraturan. Kepatuhan terhadap peraturan pada santriwati berada dalam kategori sedang cenderung rendah dengan dimensi yang paling berkontribusi terhadap tinggi rendahnya kepatuhan adalah dimensi menerima. Dukungan sosial sebaya santriwati berada pada kategori tinggi dengan sub variabel yang paling berkontribusi adalah dukungan emosional. Sedangkan gaya pengasuhan ustadzah adalah permisif demokratis. Nilai R² dalam penelitian ini sebesar 0,352 atau 35,2%, terdiri atas sumbangan efektif gaya pengasuhan terhadap kepatuhan terhadap peraturan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan terhadap peraturan, dukungan sosial sebaya, gaya pengasuhan ustadzah, santriwati MTs.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 27 Dec 2017 12:48
Last Modified: 27 Dec 2017 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item View Item