KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING DALAM MENANGKAP MAKNA TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII


Sri Utami , 2101412107 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN SNOWBALL THROWING DALAM MENANGKAP MAKNA TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412107.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (252kB) | Preview

Abstract

Metode talking stick merupakan metode pembelajaran dengan bantuan tongkat dan kegiatanya yaitu untuk mengajak semua orang berbicara atau menyampaikan pendapat dalam satu forum, sedangkan metode snowball throwing merupakan metode pembelajaran yang diterapkan dengan melempar segumpalan kertas untuk menunjuk siswa yang harus menjawab soal dari guru. Kedua metode tersebut mempunyai langkah pembelajaran yang sama dan sama-sama cocok digunakan dalam pembelajaran menangkap makna teks eksplanasi. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap keefektifan penggunaan metode pembelajaran talking stick dan snowball throwing dalam menangkap makna teks eksplanasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini yaitu, (1) apakah metode talking stick efektif digunakan dalam pembelajaran menangkap makna teks eksplanasi?, (2) apakah metode snowball throwing efektif digunakan dalam pembelajaran menangkap makna?, dan (3) apakah ada perbedaan keefektifan antara metode talking stick dan snowball throwing dalam pembelajaran menangkap makna teks eksplanasi?. Manfaat penelitian ini dapat dilihat dari dua aspek, yaitu secara teoretis dan praktis. Secara teoretis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi tentang keefektifan metode talking stick dan snowball throwing dalam menangkap makna teks eksplanasi. Sedangkan manfaat secara praktis yaitu mendorong dan meningkatkan minat belajar siswa dan menanamkan sikap aktif dan percaya diri dalam menyampaikan jawaban. Landasan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran yang meliputi metode talking stick menurut Huda(2013), metode snowball throwing menurut Huda(2013), dan teori menangkap makna teks eksplanasi meliputi pengertian membaca dan makna, pengertian teks eksplanasi dan menjelaskan tentang struktur teks eksplanasi di antaranya menurut Anderson(2003) dan Wahono,dkk.(2013). Desain penelitian yang digunakan adalah matching pretest-posttest comparison group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menangkap makna pada siswa kelas VII SMP I Kudus, sedangkan sampelnya adalah pembelajaran menangkap makna pada siswa kelas VII A dan VII D diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu 81,16 dan 79,7. Berdsarkan uji paired sampel t test pada kelas eksperimen I dengan metode talking stick hasil signifikansinya adalah 0,00. Sedangkan signifikansi pada kelas eksperimen II dengan metode snowball throwing adalah 0,23. Setelah diketahui signifikansi setiap metode, kemudian untuk mengetahui metode yang lebih efektif yaitu dengan membandingkan signifikansi kedua metode tersebut. Berdsarkan uji paired sampel t test signifikansi metode talking stick dan signifikansi metode snowball throwing < 0,05. Dalam uji beda sampel berpasangan dapat dikatakan ada perbedaan keefektifan secara signifikan antara metode talking stick dan metode snowball throwing, sehingga dapat dikatakan metode talking stick lebih efektif dibandingkan metode snowball throwing karena signifikansi metode talking stick < signifikansi metode snowball throwing yaitu 0,00<0,23. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan yaitu, (1) metode talking stick efektif digunakan dalam pelajaran menangkap makna teks eksplanasi dengan signifikansi 0,00, (2) metode snowball throwing menunjukkan efektif, Signifikansi adalah 0,23, dan (3) ada perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode talking stick dan metode snowball throwing. Sedangkan, saran yang diperlukan pada penelitian ini yaitu, sebaiknya metode talking stick dan snowball throwing bisa diterapkan pada teks lain yang memiliki struktur sama dengan teks eksplanasi, metode talking stick dan snowball throwing sama-sama efektif digunakan dalam pembelajaran menangkap makna teks eksplanasi, seharusnya bisa dijadikan referensi untuk penelitian lainnya dengan menggabungkan kedua metode tersebut dan menghasilkan metode baru, seharusnya metode talking stick dan snowball throwing bisa melatih keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Metode Snowball Throwing, dan Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 12:02
Last Modified: 27 Dec 2017 12:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28691

Actions (login required)

View Item View Item