PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN METODE OTTL (OBSERVASI, TANYA, TULIS, LAPORKAN) DENGAN MEDIA BAGAN PADA SISWA KELAS VII-I SMP NEGERI 36 SEMARANG


Silmy Apriyani Warsono , 2101412103 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI MENGGUNAKAN METODE OTTL (OBSERVASI, TANYA, TULIS, LAPORKAN) DENGAN MEDIA BAGAN PADA SISWA KELAS VII-I SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (646kB) | Preview

Abstract

Keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi pada kelas VII-I SMP Negeri 36 Semarang masih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 36 Semarang. Peneliti menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi, khususnya siswa kelas VII-I SMP Negeri 36 Semarang. Upaya meningkatkan keterampilan siswa mengubah teks wawancara menjadi narasi, mereka perlu dilatih sebaikbaiknya melalui peningkatan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang inovatif dan kreatif agar siswa termotivasi dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan mengubah teks wawancara menjadi teks narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan pada siswa kelas VII I SMP Negeri 36 Semarang?, (2) bagaimana peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan pada siswa kelas VII I SMP Negeri 36 Semarang?, (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII I SMP Negeri 36 Semarang setelah mengikuti pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan?, dan (4) bagaimana tanggapan siswa setelah mengikuti pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dan media bagan sebagai upaya peningkatan keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi pada siswa kelas VII-I SMP Negeri 36 Semarang. Variabel penelitian ini, yaitu variabel keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan pengamatan proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II pada semua aspek. Terjadi peningkatan hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I ke siklus II sebesar 27,79%. Keterampilan siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi peningkatan. Pada siklus I, ketercapaian KKM sebesar 74,2 dengan persentase ketuntasan 53,33%. Pada siklus II, ketercapaian KKM meningkat menjadi 80,93 dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, perilaku siswa dan tanggapan siswa setelah tindakan siklus I dan siklus II juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran keterampilan mengubah teks wawancara menjadi narasi menggunakan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dengan media bagan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi, sebab metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dan media bagan dapat memudahkan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi. Penerapan metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan) dan media bagan dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan model dan media dalam pembelajaran mengubah teks wawancara menjadi narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengubah teks wawancara menjadi narasi, metode OTTL (Observasi, Tanya, Tulis, Laporkan), media bagan, perilaku siswa, tanggapan siswa
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:53
Last Modified: 27 Dec 2017 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28689

Actions (login required)

View Item View Item