KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA POWER POINT BER-LINK VIDEO PERISTIWA ALAM PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITATERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SEMARANG
Zummala Rizqi Masykuroh , 2101412100 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA POWER POINT BER-LINK VIDEO PERISTIWA ALAM PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITATERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (915kB) | Preview |
Abstract
Pada zaman yag modern ini, sebagian besar guru masih menggunakan cara berceramah di depan kelas saat menyampaikan materi. Cara mengajar tersebut dikatakan pembelajaran yang bersifat otoriter karena guru yang cenderung memperlihatkan kekuasaan yang mutlak kepada siswa. Guru tipe ini menganggap bahwa ruang kelas adalah wilayah kekuasaannya yang tidak dapat diusik oleh siapapun khususnya oleh siswa. Siswa juga tidak bebas untuk mengemukakan pendapatnya. Mereka takut apabila jawabanya ternyata salah. Keadaan seperti itu membuat siswa tidak nyaman selama pembelajaran. Untuk menciptakan rasa Untuk membuat siswa nyaman saat pembelajaran, guru harus dapat menciptakan suasana yang kondusif, efektif, dan menyenangkan dengan adanya perubahan cara mengajar dari yang hanya dengan berceramah menuju model pembelajaran yang inovatif. Model pembelajaran yang inovatif contohnya, yaitu model quantum teaching dan direct instruction. Pada kedua model pembelajaran tersebut, siswa dilibatkan secara aktif dan bukan hanya dijadikan sebagai objek. Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, tetapi pada siswa. Guru memfasilitasi siswa untuk belajar sehingga mereka lebih leluasa untuk belajar. Berdasarkan karakteristik kedua model pembelajaran tersebut, ada kecocokan jika kedua model pembelajaran tersebut diterapkan pada pembelajaran menulis teks berita. Saat menulis teks berita siswa seringkali mengalami kesulitan saat menuangkan ide sehingga isi teks berita kurang menarik. Selain itu, siswa juga sering lupa memperhatikan unsur dan struktur teks berita ketika menulis teks berita. Masalah tersebut sebenarnya dikarenakan kurangnya konsentrasi siswa saat pembelajaran. Konsentrasi akan timbul ketika siswa merasa nyaman dan senang saat melaksanakan pembelajaran. Pada penelitian ini juga dibantu oleh media power point ber-link video peristiwa alam. Media power point ber-link video peristiwa alam dipilih karena dapat membantu siswa menuangkan ide ketika menulis teks berita dan akan lebih membantu siswa menerima pemahaman menulis teks berita. Selain itu, siswa dapat mengamati dan mengobservasi suatu peristiwa secara lebih jelas sehingga ketika diminta menulis teks berita secara mandiri, siswa akan lebih mampu. Seperti halnya dengan wartawan yang menulis berita dengan media subjek langsung, sedangkan siswa dapat menulis teks berita dengan melihat power point ber-link video peristiwa alam. Peneliti memilih power point ber-link video peristiwa yang bertemakan alam karena tema tersebut yang lebih pantas untuk diamati dan dibahas oleh siswa kelas VIII. Selain itu, memfokuskan siswa pada satu tema dapat mempermudah siswa menemukan ide atau topik untuk menulis teks berita. Berdasarkan paparan tersebut, masalah yang akan dibahas pada penelitian ini adalah (1) keefektifan model quantum teaching dengan media power point berlink video peristiwa alam pada pembelajaran menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang, (2) keefektifan model direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran menulis teks berita terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang, (3) perbandingan model quantum teaching dan direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam pada pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Seamarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok atau kelas yang dipilih secara sampling purposive. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat, variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan model quantum teaching dan direct instruction dengan media power point ber-link video peristiwa alam. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Semarang. Hasil penelitian ini menenjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita menggunakan model quantum teaching memperoleh nilai rata-rata tes akhir sebesar 83,16 sedangkan kemampuan menulis teks berita menggunakan model direct instruction memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,16. Tingkat signifikansi perbedaan pada kedua kelas eksperimen menunjukkan thitung = 2,46 > ttabel = 1,67. Apabila thitung lebih kecil daripada ttabel berarti H0 ditolak sehingga hasil uji perbedaan dua rata-rata ini menyatakan bahwa kemampuan menulis teks berita kelas eksperimen 1 lebih dari kemampuan menulis teks eksperimen 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks berita menggunakan model quantum teaching lebih efektif dibanding kemampuan menulis teks berita menggunakan model direct instruction. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan, yaitu (1) penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis teks berita selanjutnya dan (2) peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran lain pada pembelajaran menulis teks berita atau tetap menggunakan model quantum teaching dan direct instruction pada pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Berita, Quantum Teaching, dan Direct Instruction |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 Dec 2017 12:48 |
Last Modified: | 28 Dec 2017 12:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28688 |
Actions (login required)
View Item |