PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMAKAN KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CYCLE MELALUI MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE SISWA KELAS VII-A SMP N 16 SEMARANG
Ageng Rachmania , 2101412092 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BERTEMAKAN KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN STRATEGI LEARNING CYCLE MELALUI MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE SISWA KELAS VII-A SMP N 16 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (716kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan tes awal keterampilan menulis puisi siswa kelas VII-A SMP Negeri 16 Semarang masih tergolong rendah. Penyebabnya adalah kurang sesuainya strategi yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi, pemanfaatan media yang sangat minimal, dan siswa yang kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Saat diadakan tes awal kesulitan yang dialami siswa antara lain kesulitan dalam menentukan tema dan judul puisi, kemudian mengembangkan imajinasi lalu menuangkan dalam bentuk tulisan yang indah. Solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan strategi Learning Cycle dan media video My Trip My Adventure. Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure siswa kelas VII-A SMP N 16 Semarang sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menulis puisi, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure siswa kelas VII-A SMP N 16 Semarang, (3) Bagaimana perubahan perilaku dan minat siswa dalam menulis puisi menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure siswa kelas VII-A SMP N 16 Semarang sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa dalam menulis puisi, (2) Meningkatkan kemampuan menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure siswa kelas VII-A SMP N 16 Semarang, (3) Mengubah perilaku siswa kelas VII SMP N 16 Semarang dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My adventure. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru, siswa, dan peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refeksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis puisi brtemakan keindahan alam pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 16 Semarang. Variabel penelitian tindakan kelas ini ada dua yaitu keterampilan menulis puisi bertemakan keindahan alam dan strategi Learning Cycle dengan menggunakan media video My Trip My Adventure. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal (siswa dan guru), wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik pengambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure . Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 71,29 atau dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,76 atau dalam kategori baik. Dari pencapaian nilai dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan sebesar 10,47. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif ke perilaku positif. Perubahan ini dibuktikan pada siklus II siswa menjadi lebih antusias dan aktif ketika mengikuti pembelajaran. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa dan Sastra Indonesia, pembelajaran menulis puisi bertemakan keindahan alam menggunakan strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure dapat dijadikan alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi karena telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan mengubah perilaku positif siswa dalam mengikuti pembelajaran dan selalu berlatih menulis, terutama dalam menulis puisi. Bagi peneliti lain, berharap adanya penelitian lanjutan dengan strategi Learning Cycle namun diterapkan pada materi pembelajaran yang berbeda dan dapat dipadukan dengan media yang berbeda juga sehingga dapat memperkaya alternatif pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam dunia pembelajaran. Dengan penelitian yang semakin banyak, akan memberikan manfaat yang besar terhadap perkembangan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis puisi bertemakan keindahan alam, strategi Learning Cycle melalui media video My Trip My Adventure. |
Subjects: | L Education > Special Education > Language and literature education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 27 Dec 2017 11:37 |
Last Modified: | 27 Dec 2017 11:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28685 |
Actions (login required)
View Item |