KEEFEKTIFAN METODE KUPON WAKTU DAN TONGKAT BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERINGKAS SECARA LISAN TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP


Cherry Puspitasari , 2101412082 (2016) KEEFEKTIFAN METODE KUPON WAKTU DAN TONGKAT BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERINGKAS SECARA LISAN TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (768kB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar (KD) yang terdapat pada kurikulum 2013 yaitu KD meringkas secara lisan teks cerpen. Pembelajaran ini seharusnya dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif agar dapat merangsang siswa untuk aktif dalam menyampaikan isi teks cerpen secara lisan. Pada pembelajaran kooperatif, terdapat metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran tersebut, yaitu metode kupon waktu dan tongkat berbicara. Oleh karena itu, dilakukan penelitian eksperimen ini untuk menguji keefektifan kedua metode tersebut dalam pembelajaran keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen. Perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen dengan metode kupon waktu pada siswa kelas VII SMP, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen dengan metode tongkat berbicara pada siswa kelas VII SMP, (3) bagaimanakah perbandingan tingkat keefektifan pembelajaran keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen dengan metode pembelajaran kupon waktu dan tongkat berbicara pada siswa kelas VII SMP. Desain penelitian yang digunakan quasi experimental-nonequivalent control group design. Metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas eksperimen yaitu metode kupon waktu, sedangkan pada kelas kontrol yaitu metode tongkat berbicara. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t dengan teknik independent t-test pada program SPSS, dengan uji satu pihak yaitu uji pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata selisih peningkatan nilai keterampilan meringkas secara lisan teks cerpenpada kelas eksperimen lebih tinggi (82,40), dibandingkan kelas kontrol (79,49). Berdasarkan hasil analisis uji-t data posttest kedua kelas, diperoleh sig 0,841 < 0,05 sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kupon waktu lebih efektif dibandingkan dengan metode tongkat berbicara dalam pembelajaran keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan meringkas secara lisan teks cerpen, kupon waktu, tongkat berbicara
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:33
Last Modified: 27 Dec 2017 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item