PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA FOTO BERSERI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 36 SEMARANG


Ditya Sara Ramadana , 2101412077 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DENGAN MEDIA FOTO BERSERI PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (361kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang tergolong masih rendah. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang. Permasalahan yang menyebabkan hasil keterampilan menulis teks berita siswa rendah di antaranya masih banyak siswa yang masih kesulitan dan kurang berminat dalam menulis teks berita. Pengetahuan siswa tentang berita masih kurang dan kurangnya latihan dalam menulis sehingga siswa mengalami kesulitan. Pemilihan kalimat dan kata yang tidak efektif, kesalahan ejaan, dan struktur berita yang masih belum sesuai membuat hasil yang ditulis siswa belum maksimal. Upaya meningkatkan hasil menulis teks berita dapat dilakukan dengan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan model dan media yang inovatif dan menarik. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan proses pembelajaran menulis teks berita, mengidentifikasi peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan mendiskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menngunakan model Jigsaw dengan media foto berseri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa menulis teks berita, sedangkan teknik nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis teks berita berlangsung dengan baik, kondusif, dan menyenangkan. Siswa lebih tertarik dan kreatif dalam pemebelajaran menulis teks berita. Hal tersbut terbukti dengan hasil keterampilan siswa yang meningkat. Dari prasiklus rata-rata yang didapatkan sebesar 70,03,pada siklus I meningkat menjadi 73,51, dan siklus II meningkat menjadi 80,09. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 29,04%, dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 43,38%, dan dari prasiklus ke siklus II meningkat sebesar 77,42%. Perilaku siswa selama pembelajaran mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Hal tersbut dibuktikan dengan penigkatan rata-rata sikap tanggung jawab, toleransi, dan percaya diri dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan model Jigsaw dengan media foto berseri dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi peneliti lain disarankan melakuakan penelitian lanjutan yang terkait dengan keteranpilan menulis teks berita dengan model, dan media yang lebih variatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan menigkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, model Jigsaw, media foto berseri, perilaku siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 11:30
Last Modified: 27 Dec 2017 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28683

Actions (login required)

View Item View Item