PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA SDN NGALIYAN 01 SEMARANG


Claudea Prapiani , 1401412412 (2016) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND SEBAGAI PROSES PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA SDN NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412412.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (550kB) | Preview

Abstract

Salah satu ekstrakurikuler di SDN Ngaliyan 01 Semarang yaitu marching band yang diberi nama Gita Swara. Marching band Gita Swara memiliki banyak prestasi sampai tingkat nasional. Hal tersebut dapat dicapai karena pelatih melatih dengan tegas dan menjunjung nilai disiplin dalam setiap latihan serta siswa yang memiliki perilaku disiplin yang baik. Rumusan masalah: bagaimanakah proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler marching band dalam membentuk perilaku disiplin siswa di SDN Ngaliyan 01 Semarang.Tujuan penelitian: mendeskripsikan pelaksanaan ekstrakurikuler marching band dalam membentuk perilaku disiplin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah SDN Ngaliyan 01 Semarang, dengan sasaran penelitian proses kegiatan ekstrakurikuler marching band, proses pembentukan perilaku disiplin. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler marching band dan karakter disiplin. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi: triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler marching band di SDN Ngaliyan 01 Semarang meliputi kegiatan pra pembelajaran, kegiatan awal, inti, dan penutup. Bentuk perilaku disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler marching band SDN Ngaliyan 01 Semarang meliputi datang tepat waktu, mematuhi peraturan, memakai pakaian yang sesuai, serta mengambil dan mengembalikan alat dengan benar. Simpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler marching band di SDN Ngaliyan 01 Semarang dalam kategori sangat baik. Bentuk perilaku disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler marching band SDN Ngaliyan 01 Semarang dalam kategori sangat baik. Pelatih sebaiknya terus meningkatkan untuk melatih dengan menyenangkan tetapi tetap tegas dan memberikan reward kepada siswa yang memainkan alat dengan benar; sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas yang memadai untuk berlatih display; siswa sebaiknya meningkatkan perilaku dalam mematuhi aturan, fokus saat latihan, menjaga stamina dan konsistensi dalam berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, ekstrakurikuler marching band
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:20
Last Modified: 10 May 2019 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28678

Actions (login required)

View Item View Item