KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERISTIWA PROKLAMASI SISWA KELAS V SD NEGERI MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL


Arief Rachman Hakim , 1401412406 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERISTIWA PROKLAMASI SISWA KELAS V SD NEGERI MINTARAGEN 6 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412406.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (395kB) | Preview

Abstract

Pendidikan IPS mendidik manusia agar menjadi pribadi yang lebih baik dengan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan berpikir kritis terhadap setiap permasalahan yang dihadapi. Oleh sebab itu, pendidikan IPS penting diterapkan di sekolah, terutama di sekolah dasar. Pada kenyataannya, siswa kurang tertarik belajar IPS karena materi yang luas, mereka mengganggap IPS hanyalah pelajaran yang berisi hafalan. Akibatnya, siswa menjadi pasif dan hasil belajar tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran IPS, salah satunya dengan menggunakan media video. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi peristiwa proklamasi. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Mintaragen 6 dan SD Negeri Mintaragen 2 Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 49 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa dari kelas eksperimen dan 27 orang siswa dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara tidak terstruktur, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas dan analisis akhir. Hasil uji hipotesis terhadap aktivitas siswa diperoleh thitung > ttabel (2,174 > 0,743), dan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,160 > 0,770). Hasil uji pihak kanan terhadap aktivitas siswa diperoleh thitung > ttabel (3,160 > 2,048), sedangkan pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (5,258 > 2,048). Dengan demikian, aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan media video lebih efektif dari pada yang menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Video, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:20
Last Modified: 10 May 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28676

Actions (login required)

View Item View Item