PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DENGAN GURU SMA NEGERI 3 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Aji Taufiq Pambudi , 1301411109 (2016) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA DENGAN GURU SMA NEGERI 3 MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411109.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMA Negeri 3 Magelang yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang memiliki perilaku asertif rendah. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Juli – 2 September 2015. Melalui pemberian layanan penguasaan konten teknik sosiodrama diharapkan perilaku asertif rendah siswa kelas XI MIA 1 dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku asertif siswa sebelum dan sesudah layanan, serta mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten teknik sosiodrama dalam meningkatkan perilaku asertif siswa kelas XI MIA 1. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan instrument skala kemampuan asertif. Metode analisis data menggunakan deskriptip persentase dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki perilaku asertif rendah. Perilaku asertif rendah yang ditunjukkan siswa diantaranya ketidakberanian siswa dalam bertanya dalam mengungkapkan pendapat dikarenakan belum adanya sikap tegas, banyak siswa yang belum paham dan jelas mengenai materi yang disampaikan guru, sering bermain sendiri, siswa cenderung pasif dan malu untuk mengungkapkan pendapatnya. Presentase awal sebelum mendapatkan layanan sebesar 55.99% dan sesudah mendapatkan perlakuan menunjukan presentase sebesar 83.54% dengan demikian mengalami peningkatan sebesar 27.55%. Hasil uji t-tes menunjukkan bahwa nilai diperoleh Thitung = 17,00 > Ttabel= 2,00 pada taraf signifikansi 5%, perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukan nilai rata-rata hasil post test lebih baik dari hasil pre test sehingga adanya peningkatan kemampuan asertif siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan oleh karena itu hipotesis yang diajukan diterima. Disimpulkan bahwa perilaku asertif siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Magelang sebelum mendapatkan layanan dengan kategori rendah, setelah mendapatkan layanan dengan kategori tinggi, sehingga perilaku asertif melalui layanan penguasaan konten teknik sosiodrama dapat ditingatkan. Saran bagi guru pembimbing agar lebih memberikan perhatian serta memberi layanan penguasaan konten teknik sosiodrama untuk menumbuhkan perilaku asertif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: layanan penguasaan konten; perilaku asertif; teknik sosiodrama.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item View Item