PERAN MUSWARAH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (MGBK) DAN KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DI SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2015


Tentrem Basuki , 1301411099 (2016) PERAN MUSWARAH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (MGBK) DAN KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DI SMP NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (698kB) | Preview

Abstract

Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling atau MGBK merupakan salah satu wadah organisasi profesi bagi bimbingan dan konseling sebagai wahana mengembangkan keprofesian konselor. Keberadaan MGBK SMP Negeri kota Semarang yang sudah cukup terlihat eksistensinya, mulai dari adanya pengurus harian, keanggotaan dan program kegiatan. Melihat fenomena tersebut maka apakah adanya MGBK juga sudah berperan maksimal dan memberikan dampak terhadap peningkatan kompetensi profesional konselor Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data/informasi mengenai peranan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK),dan data mengenai kompetensi professional konselor anggota MGBK di SMP Negeri se-kota Semarang tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai. Populasi dalam penelitian ini yaitu konselor anggota MGBK SMP Negeri kota Semarang yang berjumlah 152 guru. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling yang kemudian difokuskan dengan teknik Cluster sampling, sampel yang diambil sejumlah 30 konselor. Alat pengumpulan data menggunakan angket yaitu angket peranan MGBK dan angket kompetensi professional konselor. Teknik analisis menggunakan statistik deskriptif presentatif. Hasil analisis deskriptif persentase diperoleh rata-rata peranan MGBK SMP Negeri kota Semarang dalam kriteria cukup baik dengan persentase sebesar 64%, dan rata-rata kompetensi professional konselor dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 69%. Simpulan dari penelitian ini bahwa (1) Peranan MGBK SMP Negeri kota Semarang termasuk dalam kriteria cukup baik, (2) Kompetensi professional konselor anggota MGBK SMP Negeri kota Semarang termasuk dalam kriteria baik. Oleh karena itu disarankan kepada pengurus MGBK untuk meningkatkan program kegiatan MGBK SMP Negeri kota Semarang lebih baik lagi, dengan memprogramkan kegiatan yang menjadi kebutuhan anggota MGBK secara lebih teratur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peranan MGBK, kompetensi profesional, MGBK SMP Negeri Kota Semarang tahun 2015.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28669

Actions (login required)

View Item View Item