PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH (STUDI KASUS: KELAS IV SDN PATEMON 01)


Adi Wisnugroho , 1401412401 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS HURUF JAWA BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH (STUDI KASUS: KELAS IV SDN PATEMON 01). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412401.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (627kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian kecil di kelas IV SDN Patemon 01, melalui data tes, wawancara, dan pemberian angket, ditemukan kesulitan siswa dalam menulis berhuruf jawa. Data menunjukan 16 dari 36 siswa belum mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media berbasis multimedia menggunakan macrmedia flash. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan metode waterfall SDLC. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Patemon 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan uji validitas, Reliabilitas, Normalitas, Homogenitas, ttes, dan N-gain. Hasil Penelitian didapatkan desain media pembelajaran yang memenuhi desain dokumentasi, desain navigasi, dan desain grafis. Media layak digunakan berdasar penilaian ahli media sebesar (80%) dan ahli materi (75%). Penggunaan media mampu meningkatkan ketuntasan belajar dari 40% menjadi 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran menulis huruf jawa berbasis multimedia dengan menggunakan macromedia flash di kelas IV SDN Petemon 01 layak digunakan dan meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Huruf Jawa, Kelas IV SD, Macromedia Flash, Pengembangan media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 10 May 2019 13:20
Last Modified: 10 May 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item