UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN ULARTANGGA PADA SISWA KELAS VIII E DI SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016.


Tantriana Dhesky , 1301411076 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN ULARTANGGA PADA SISWA KELAS VIII E DI SMP NEGERI 3 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411076.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII E SMP Negeri 3 Semarang menunjukkan pemahaman diri yang dimiliki siswa termasuk dalam kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaaman diri yang dimiliki oleh siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik ulartangga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Koseling dengan melaksanakan 2 siklus tindakan. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Semarang dengan subjek penelitian yaitu 10 siswa di kelas VIII E di sekolah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala pemahaman diri dan observasi. Untuk menganalisis data digunakan analisis statistik wilcoxon match pairs test. Hasil menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan (40%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori rendah, (30%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori sedang, dan (30%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori tinggi. Siklus I menunjukkan (10%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori sedang dan (90%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori tinggi. Pada siklus II (30%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori sangat tinggi dan (70%) siswa memiliki pemahaman diri dengan kategori tinggi. Dari data diatas menunjukkan adanya peningkatan pemahaman diri dari sebelum tindakan sampai dengan akhir pemberian tindakan, yaitu semula sebagian besar termasuk pada kategori rendah, mengalami perubahan menjadi sebagian besar termasuk pada kategori pemahaman diri tinggi bahkan 30% siswa memiliki kategori sangat tinggi. Siswa menunjukkan peningkatan terhadap pemahaman diri yang dimiliki. Dari hasil uji wilcoxon dengan n = 10 dengan taraf kesalahan 5% nilainya adalah 8, sehingga Thitung ≥ Ttabel berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa pemahaman diri siswa meningkat setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik permainan ulartangga. Saran bagi Kepala Sekolah memfasilitasi guru Bimbingan dan Konseling untuk memperdalam teknik permainan dalam pemberian layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, demi terciptanya pemahaman diri siswa. Bagi guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan model tindakan seperti yangsudahdilakukanolehpeneliti,ataubisamemodifikasinyakarena sudahterbuktidapatmeningkatkanpemahaman dirisiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok; Pemahaman Diri; Permainan Ulartangga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item View Item