PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016


Dhina Anisatul Mukarromah , 1301411071 (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII D SMP N 1 Kertanegara yang menunjukkan masih rendahnya motivasi belajar yang dimiliki siswa, dengan indikator kemampuan menyelesaikan tugas hingga selesai, memiliki kecermatan atau ketelitian, kemampuan menumbuhkan semangat untuk berusaha, berpikir kreatif dalam belajar, memiliki minat dan mencari hal-hal baru dalam belajar dan permasalahannya, menjadi individu yang mandiri, memiliki pendirian yang kuat, mampu menjadi individu yang memilki rasa semangat belajar yang tinggi. Rumusan masalah yaitu apakah layanan bimbingan kelompok teknik problem solving dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah 36 siswa kelas VIII D dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas VIII D dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII D SMP N 1 Kertanegara. Hal ini ditunjukkan dengan motivasi belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving berada pada kriteria sedang (61,01%), dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving masuk dalam kategori sangat tinggi (74,59%). Hasil uji wilcoxon, menunjukkan bahwa nilai thitung=6 dan ttabel=8, jadi nilai thitung < tttabel. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Terjadi peningkatan motivasi belajar setelah diberi perlakuan melalui layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Simpulan dari penelitian ini bimbingan kelompok teknik problem solving dapat mempengaruhi motivasi belajar. Saran bagi guru/wali kelas hendaknya lebih perhatian dengan siswa yang mempunyai minat belajar yang rendah.. Bagi siswa, lebih aktif dan berani untuk berpendapat di kegiatan bimbingan kelompok yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; layanan bimbingan kelompok; teknik problem solving.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28664

Actions (login required)

View Item View Item