STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN SOFTWARE IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA (IKMS�) DALAM PERENCANAAN MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014/2015


Nafisatul Hana , 1301411059 (2016) STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN SOFTWARE IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN MASALAH SISWA (IKMS�) DALAM PERENCANAAN MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411059.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena bahwa software IKMS® merupakan aplikasi yang dilakukan dikomputer dan menggunakan office excel, sedangkan sebagian besar guru BK masih kurang mahir dalam mengembangkan teknologi informasi. Kemudian, pengolahan software IKMS® menurut guru BK masih terbilang rumit serta membutuhkan sarana yang banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan software IKMS® dalam manajemen BK di SMA Negeri Kabupaten Semarang dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam skripsi ini membahas tentang perencanaan manajemen BK yang meliputi bagaimana pemberian need assessment, interpretasi data yang dilakukan, penetapan prioritas kebutuhan BK, penetapan tujuan BK, penetapan prosedur program. Sedangkan dalam lingkup software IKMS® adalah pada bagaimana pengoperasionalan software IKMS® oleh guru BK, kendala yang dihadapi, kelemahan software IKMS®, kelebihan software IKMS® . Lokasi penelitian adalah di SMA Negeri di kabupaten Semarang. Sampel penelitian adalah sekolah yang menggunakan software IKMS® sebagai instrumen dan analisis need assessment. Responden penelitian adalah konselor sekolah dan personel sekolah sebagai sumber data pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Analisis data yang dilakukan yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan need assessment sudah sesuai, tidak ada kendala dalam mengoperasionalkan software IKMS® oleh guru BK, kecuali pada input data yang lumayan lama. Penentuan prioritas dan perumusan tujuan BK menyesuaikan dengan kebutuhan siswa dan penyusunan jadwal kelaksanaan menyesuaikan dengan jam masuk kelas, akan tetapi untuk pelaksanaan layanan individu dan kelompok bersifar insidental. Terdapat beberapa kelemahan dari software IKMS® seperti jawaban siswa yang masih dipertanyakan kejujurannya, hasil need assessment hanya memperoleh data nonverbal saja dari siswa, penggunaan waktu yang lama dan sarana yang digunakan cukup banyak, sedangkan kelebihannya adalah membantu dalam administrasi guru BK seperti pembuatan program, satlan dan satkung. Saran peneliti yaitu bagi guru BK sebaiknya dalam memberikan layanan sesuai dengan yang ada di program BK dan layanan individu dan kelompok tidak secara insidental., bagi sekolah adalah memfasilitasi guru BK untuk meningkatkan kemampuan need assessment dan perumusan tujuan BK, sedangkan bagi jurusan BK diharapkan untuk mengkaji ulang instrumen-instrumen yang ada di lapangan sebelum diaplikasikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: software IKMS®, Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item