KONTRIBUSI KECERDASAN MORAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEDISIPLINAN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Diah Wahyu Muryastuti , 1301411058 (2016) KONTRIBUSI KECERDASAN MORAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP KEDISIPLINAN DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301411058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (646kB) | Preview

Abstract

Perwujudan kedisiplinan siswa di sekolah tidak bisa terlepas dari peran kecerdasan moral dan kecerdasan interpersonal yang dimilikinya. Hurlock (1978:82) menjelaskan bahwa tujuan dari kedisiplinan yaitu untuk mengajarkan kepada siswa apa yang menurut kelompok sosial sebagai tindakan benar atau salah, dan mengusahakan agar siswa bertindak sesuai dengan pengetahuan tersebut. Siswa kelas X SMKN 7 Semarang masih memiliki masalah dengan kedisiplinan sebanyak 10,2 % (62 dari 616 siswa). Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah kontribusi kecerdasan moral dan kecerdasan interpersonal terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah kontribusi kecerdasan moral dan kecerdasan interpersonal terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah secara simultan maupun parsial. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 616 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kecerdasan moral, kecerdasan interpersonal dan kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil dari analisis regresi ganda penelitian ini yaitu Y= 23,055 + 0,383X1 + 0,306X2. Ada kontribusi secara simultan sebesar 55,3%, ada korelasi positif antara kecerdasan moral dan kecerdasan interpersonal terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah secara parsial. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada korelasi positif kecerdasan moral dan kecerdasan interpersonal terhadap kedisiplinan dalam mematuhi tata tertib sekolah secara simultan maupun parsial. Saran untuk guru BK yaitu perlunya pemberian layanan bimbingan konseling yang lebih intensif. Sedangkan saran untuk pihak sekolah yaitu perlunya sinergi dan kolaborasi yang lebih baik lagi antar stakeholder sekolah agar kedisiplinan di SMK Negeri 7 Semarang semakin baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Moral, Kecerdasan Interpersonal, Kedisiplinan dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 29 Dec 2017 13:17
Last Modified: 29 Dec 2017 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item View Item